Sunday, November 18, 2012

Mencoba menilik Bagaimana Strategi K18 menjadi Sport Entry Level Honda

Mencoba menilik Bagaimana Strategi K18 menjadi Sport Entry Level Honda

Bro Sekalian Sedikit demi sedikit jati diri sang Sport Honda Entry level semakin terkuak . . . Mulai dari hembusan informasi mengenai penampakan fisiknya sampai pada aspek teknis market seperti sinyalemen Harga yang dapat di intip dari harga NJKB nya. Nah dari NJKB nya lah bisa diperkirakan dimana motor ini akan diposisikan oleh Honda. Dan Informasi sementara yang tmcblog coba himpun Terutama dari NJKBnya . . . terlihat sepertinya sang K18 atau (disinyalir berkode) GL15B1F series ini akan diposisikan sebagai Sport Entry Level Honda, mari kita tilik bersama strategy ini.

Awalnya tmcblog berfikir . . . Kenapa susah susah sampai membuat sebuah motor baru? . . . Kenapa Nggak NMP saja yang dikasih mesin Injeksi?. . . kenapa harus mengunakan basis sasis dan body yang berbeda dari NMP? dan Banyak pertanyaan pertanyaan lain yang senada. TMCBlog cuma mau bilang, Sepertinya

Strategy Sang K18 memang sejak awal banget mau dihadirkan sebagai sport entry level yang memiliki bandrol harga dibawah rata rata sport Mid-end Brand jepang.

Nah sampai sampai idenya adalah, bagaimana bisa membuat Varian K18 yang notabenenya harus sudah Injeksi ini berbandrol lebih murah dari NMP yang masih karburator? . . . Dari ide ini diperoleh jawaban kenapa Nggak NMP saja yang di Kasih mesin Injkesi . . . Kalo NMP yang dikasih mesin Injeksi, agak nggak  mungkin Honda bisa membandrolnya dibawah Harga NMP Karbu. Kalo Bisa NMP Injeksi lebih murah dari NMP Karbu . . . ya bisa tercederai dong hati pemilik NMP lama?  Imbasnya bisa ke masalah Loyalitas Konsumen.

Honda Mau meningkatkan Value dari Megapro, akan tetapi tidak mau hati konsumen New Megapro lama tercederai . . . bagaimana caranya ?. . . Yaaaa sebenarnya sama mirip dengan kasus lahirnya Vario 125 yang saat itu Strategynya adalah membuat sebuah Motor baru 125 cc yang dikasih mesin injeksi . . . beda cerita kalo Vario 110 yang dikasih injeksi lalu dibandrol seharga Vario 110 techno karbu . . . bro bisa bayangkan gimana galaunya pemilik vario 110 karbu . . . selain itu akan membuat resale Value dari Techno 110 karbu akan terjun bebas !!

Nah berkaca pada Kasus Vario 110 – vario 125 FI tersebut . . . Honda Disinyalir akan menghadirkan proses Transisi serupa dengan membuat sebuah Varian Motor baru 150 cc Berpendingin udara PGM FI dengan bandrol yang lebih rendah (bahkan bisa jadi dari NMP Karbu) . Hadirnya Motor baru ini akan menghindari tercederainya hati Konsumen NMP karbu lama dan bisa mengerem terjunnya resale value dari NMP tentunya, walaupun bila (seburuk buruknya) NMP karbu harus Diskontinu setelah K18 hadir nanti, cmiiw.

Sudah tentu dengan harga yang lebih terjangkau, maka secara Logis penampakan dan detail speknya juga akan lebih Inferior dibanding NMP dan tentunya CB150R . . . Contohnya adalah . . .tangki tanpa shroud, sok belakang masih double sok (stereo shock) sasis masih diamond, finishing cat setang berlabur warna hitam, sampai rem belakang yang masih tromol . . . detail detail ini lah yang masih bisa membuat konsumen NMP lama merasa detail fisik motornya masih lebih superior dibanding K18.

So Kesimpulannya adalah, Bukan hal yang mudah untuk bisa menaikkan Value sebuah Motor baru, karena Konsiderannya juga adalah pemikiran bagaimana efeknya ke Image produk yang akan di suksesi dan tentunya bagaimana perasaan Konsumen yang telah membeli varian lamanya , mereka tidak boleh tercederai, karena kalo sempat tercederai . ..  alamat bisa pindah rumah ke tetangga sebelah . . . ini opini tmcblog thoq koq  . . . :D   silahkan dikunyah kunyah mas bro dan dikomentari tentunya . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Note Gambar No 1 dan 2  adalah rekaan tmcblog menggunakan pengolah citra Photoshop, menggunakan basis Megapro Primus dan CB Unicorn , ditempel tempel dengan berbagai pernak pernik hasil cropingan motor lain yang muaranya adalah upaya  memperjelas kayak apasih bakalan penampakan Sang Next Honda K18 . . . Moon maap kalo gambarnya kurang memuaskan, namanya juga nubie :D   .. .  please note itu bukan gambar Official :D


Filed under: Honda Tagged: GL15B1F, Honda, K18, pgm fi

0 comments:

Post a Comment

load

Blog Archive