Monday, November 12, 2012

Vespa 946 . . . (part II ), basis desainnya

Vespa 946 . . . (part II ), basis desainnya

Bro sekalian, seperti janji tmcblog pada artikel part I kemarin bahwa kali ini kita akan mencoba sedikit membahas basis desain dari detail Motor Vespa 946 . Kita mulai dari dimensinya bro . . . panjang skuter ini 199,7 cm . . . hampir dua meter . . . whell basenya pun lebih panjang 3% dari Versi GTS yakni sepanjang 141,5 cm . . .wheel base lebih panjang disinyalir akan membuat laju motor akan lebih stabil di trek lurus. Lebar dek depan 46, cm, lebar body belakang 53,4 cm dan lebar setang 76,1 cm.

Kita masuk ke desain handle bar . . . Piaggio berusaha mendesain bagian setang mendekati desain vespa prototipe MP6 . . . lumayan lebar  bro dengan bahan dicast alumunium . . . Lampu headlampnya di desain menggunakan lampu LED . . . so pasti asupan daya yang dibutuhkan akan lebih kecil dari lampu bohlam. panel meternya akan menggunakan layar LCD. semua part part tersembunyi di bagian dalam body setang seperti juga pada vespa vespa lainnya . . . ini membuat setang vespa clean dari jalinan kabel kabel.

Vespa 946 menggunakan sistem pengereman cakram di kedua roda nya depan dan belakang denagn jumlah kaliper depan 3 buah dan 1 buah pada kaliper belakang . . .namun bukan hanya itu . . . Piaggio menambahkan sistem pengereman modern anti lock Brake system (ABS) dan Anti Slip Regulation (ASR)  . . . Apakah ABS ada hubungannya dengan 3 kaliper depan? jika ya . . . ada kemungkinan sistem yang dipakai adalah Kombinasi ABS . . . entahlah. Piaggio menempatkan Roda ring 12 inchi di vespa 946

Salah satu yang membuat desain Vespa 946 manis adalah bagian sadelnya . . . sadelnya seperti melayang hanya bagian ujungnya saja yang menempel ke body, dan ternyata di bawah sadel juga terdapat input tangki bbm . . . cara bukanya sih nggak jauh beda dengan sadel lain yakni dengan menjungkitkan sadel . . . akan tetapi Piaggio membuat detail penggunaan sistem hidrolik sederhana dengan kombinasi gas dan pegas . suspensi depan masih terlihat ala vespa banget, nggak diganti tipe teleskopik . . . sedangkan suspensi belakang Piaggio menyebutnya sistem cinematic . . . tmcblog belom ngerti apa maksute ini

Vespa 946 menggunakan banyak bahan alumunium . . . akan tetapi jangan bayangkan backbone rangka monokoknya juga alumunium . ..  wiih kayaknya vespa belom pede nih pake semua alumunium . . . di diagram diatas backbone monokoq utama tidak ditulisakan berbahan alumunium. Bahan babet hanya diperuntukan bagi handle bar, panel inspeksi debelakang legshield, tutup dasi depan, spatbor depan, penopang jok, bagian suspensi belakang dan  penutup mesin kiri kanan . . . hal ini bertujuan untuk memangkas bobot vespa 946.

Vespa ini sepertinya diciptakan sangat ekslusif . . . kuncinya saja menggunakan baja desmodromic menurut klaim piaggio . . . hmmm kayaknya nggak murah dan limited nih . . . btw . . . bagaimana menurut bro basis desain vespa 946 ini . .. monggo share komentarnya

Pengen tahu spek dari Vespa 946, silahkan dikunyah kunyah gambar diatas . . .lumayan lengkap kan? dan jangan lupa simak galeri dibawah ini dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

224374_276370509134211_1090682502_n_815 502c623334b79 502c62343615e 502c623577393 502c623684448 502c62378eaca 502c6238986ec 502c6239c54e8 502c623b419a4 502c623c94f2e vespa-946-79110534 vespa946

.


Filed under: Piaggio Tagged: piaggio, Vespa 946

0 comments:

Post a Comment

load

Blog Archive