Bro sekalian, seperti janji tmcblog pada artikel part I kemarin bahwa kali ini kita akan mencoba sedikit membahas basis desain dari detail Motor Vespa 946 . Kita mulai dari dimensinya bro . . . panjang skuter ini 199,7 cm . . . hampir dua meter . . . whell basenya pun lebih panjang 3% dari Versi GTS yakni sepanjang 141,5 cm . . .wheel base lebih panjang disinyalir akan membuat laju motor akan lebih stabil di trek lurus. Lebar dek depan 46, cm, lebar body belakang 53,4 cm dan lebar setang 76,1 cm.
Kita masuk ke desain handle bar . . . Piaggio berusaha mendesain bagian setang mendekati desain vespa prototipe MP6 . . . lumayan lebar bro dengan bahan dicast alumunium . . . Lampu headlampnya di desain menggunakan lampu LED . . . so pasti asupan daya yang dibutuhkan akan lebih kecil dari lampu bohlam. panel meternya akan menggunakan layar LCD. semua part part tersembunyi di bagian dalam body setang seperti juga pada vespa vespa lainnya . . . ini membuat setang vespa clean dari jalinan kabel kabel.
Vespa 946 menggunakan sistem pengereman cakram di kedua roda nya depan dan belakang denagn jumlah kaliper depan 3 buah dan 1 buah pada kaliper belakang . . .namun bukan hanya itu . . . Piaggio menambahkan sistem pengereman modern anti lock Brake system (ABS) dan Anti Slip Regulation (ASR)Â . . . Apakah ABS ada hubungannya dengan 3 kaliper depan? jika ya . . . ada kemungkinan sistem yang dipakai adalah Kombinasi ABS . . . entahlah. Piaggio menempatkan Roda ring 12 inchi di vespa 946
Salah satu yang membuat desain Vespa 946 manis adalah bagian sadelnya . . . sadelnya seperti melayang hanya bagian ujungnya saja yang menempel ke body, dan ternyata di bawah sadel juga terdapat input tangki bbm . . . cara bukanya sih nggak jauh beda dengan sadel lain yakni dengan menjungkitkan sadel . . . akan tetapi Piaggio membuat detail penggunaan sistem hidrolik sederhana dengan kombinasi gas dan pegas . suspensi depan masih terlihat ala vespa banget, nggak diganti tipe teleskopik . . . sedangkan suspensi belakang Piaggio menyebutnya sistem cinematic . . . tmcblog belom ngerti apa maksute ini
Vespa 946 menggunakan banyak bahan alumunium . . . akan tetapi jangan bayangkan backbone rangka monokoknya juga alumunium . .. wiih kayaknya vespa belom pede nih pake semua alumunium . . . di diagram diatas backbone monokoq utama tidak ditulisakan berbahan alumunium. Bahan babet hanya diperuntukan bagi handle bar, panel inspeksi debelakang legshield, tutup dasi depan, spatbor depan, penopang jok, bagian suspensi belakang dan penutup mesin kiri kanan . . . hal ini bertujuan untuk memangkas bobot vespa 946.
Vespa ini sepertinya diciptakan sangat ekslusif . . . kuncinya saja menggunakan baja desmodromic menurut klaim piaggio . . . hmmm kayaknya nggak murah dan limited nih . . . btw . . . bagaimana menurut bro basis desain vespa 946 ini . .. monggo share komentarnya
Pengen tahu spek dari Vespa 946, silahkan dikunyah kunyah gambar diatas . . .lumayan lengkap kan? dan jangan lupa simak galeri dibawah ini dan semoga berguna
Taufik of BuitenZorg
.
Filed under: Piaggio Tagged: piaggio, Vespa 946
0 comments:
Post a Comment