Sunday, December 16, 2012

Dari Spek Power-Torsi New Vixion dan CB150R apa yang bisa di analisa?

Dari Spek Power-Torsi New Vixion dan CB150R apa yang bisa di analisa?

vixi_cb150r

Bro sekalian, Baik Honda maupun Yamaha sudah sama sama merilis spesifikasi Power-Torsi dari New Vixion dan New CB150R. Mesin Honda CB150R bisa menghasilkan Daya Maksimum : 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm danTorsi Maksimum : 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm sedangkan dari data tpt uji tipe dari New Vixion diperoleh Daya Maksimum : 12,2 kW / 8.500 rpm danTorsi Maksimum : 14,5 Nm / 7.500 rpm. dari data data ini mari kita mencoba sebuah analisa awal yang tentu harus dibuktikan dengan pengetesan.

walaupun tetap butuh pembuktian lapangan mengenai komparasi spek ini dari kedua data diatas dapat diketahui bahwa memang power dari CB150R sedikit lebih tinggi dari power Vixion, akan tetapi power maksimum CB150R itu baru keluar di RPM yang cukup tinggi yakni 10 ribu sedangkan Vixion hanya butuh 8.500 rpm untuk bisa mengail power maksimum . . . gimana power to weight rationya . . . mirip mirip bro secara Bobot kosong vixion 128 kg dan bobot kosong CB150R 129 kg.

tpt-kphmph-wordpress-com-by-dyondra-spesifikasi-teknis-yamaha-new-vixion-1

dari ipanase

Spek ini memang memperlihatkan ke-khasan mesin SOHC diamana umumnya power bisa di kail di rpm lebih rendah dari mesin DOHC dengan kubkasi yang sama, dari spek dimana power maupun torsi yang keluar di rpm yang lebih rendah, tmcblog mensinyalir New Vixion lebih enak dipakai untuk stop n go sedangkan CB150R memang memiliki trah racing di mesinnya dimana nafasnya panjaaang dan memang mirip banget sama sifatnya CBR150R. Sehingga kalau di adu akselerasi trek pendek, mesin SOHC akan ngacir duluan. Gimana efeknya dengan konsumsi bahan bakar? dengan power yang diperoleh di rpm lebih rendah artinya memang nggak butuh putaran mesin tinggi untuk memperleh tenaga yang diinginkan . . . artinya ? nggak heran kalo nanti Vixion bisa lebih irit . . . tapi ini hanyalah analisa pribadi tmcblog di atas kertas . . . pembuktian empirik dilapangan tetap dibutuhkan mas bro . . . mudah mudahan dapat kita ketahui secepatnya ya . . . silahkan dikomentari dan semoga Berguna, salam dari Yogya

Taufik of BuitenZorg

 


Filed under: Honda, yamaha Tagged: CB150R, new vixion, power, torsi

0 comments:

Post a Comment

load

Blog Archive