Monday, December 17, 2012

Market Roda Dua Mid Sport 150 cc yang Kian Seksi

Market Roda Dua Mid Sport 150 cc yang Kian Seksi

sport

Bro sekalian, Kita lihat deh sepak terjang pabrikan di segmen Sport tahun ini? semuanya terlihat bersiap menggarap segmen serius 4 tak 150 cc yang kerap di posisikan sebagai segmen mid-sport (mid-end sport , atau apalah :P ) . . .kenapa? Karena Market Mid Sport 150 cc yang Kian Seksi.

Misalnya saja . . . Honda bersiap merilis paling tidak dua varian yang saling berdekatan yakni Honda CB150R StreetFire ( CB15A1RR series) dan Honda GL15B1 series yang walaupun menurut pesan singkat di wall fb tmcblog menyebutkan REAR CUSHION dengan kode HK18 udah mulai masspro hari ini dengan jumlah 400pcs (dan berarti berarti 200pcs kendaran siap diproduksi) nama dan bentuk official nya belom diketahui. Yamaha Telah bersusah payah Me-Re desain body New Vixion menjadi sedemikian rupa, Kawasaki yang bersiap dengan kolaborasi bajaj dan rumor 150 cc 4 taknya . Suzuki? belum ada data . . .

TestRide_CB150R

Bro Bisa Lihat sendiri pada grafik diatas (grafik pertama) deh . . . Bro bisa lihat dimana Grafik market motor bebek kian  menukik turun semenjak 2005/2006, Market AT atau motor matik atau skutik yang terus membubung naik walau belum sempat memecahkan rekor sharenya bebek, akan tetapi sudah meng-overtake sejak 2010 . . . nah sekarang perhatikan market sport deh . . . dari data diatas yang merujuk pada data asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia 2012 pasar sport mulai 2001 sampai 2011 berkisar antara sekitar 8-11 % dari total penjualan motor nasional . . . memang telihat sangat stabil . . .

vixion_lightning

Tapi Coba lihhat deh  forecast di 2012 ini . . . .  walaupun tinggal 13 hari lagi . . . terlihat market sportdiperkirakan  naik cukup signifikan dari 10,6% tahun lalu menjadi 14,2% akhir tahun fiskal ini dan tahun depan forecastnya bahkan bisa naik menjadi 14,8% . . . ini adalah pangsa pasar yang hanya dinikmati yamaha Vixion selama ini . . . hampir 15 % pasngsa pasar nasional bro . . . siapa yang nggak pengen coba ? :D Apakah akan terus begitu 14%-an . . . ya belum tentu juga sih,  tho angka ini bisa jadi dikarenakan pangsa motor lain yang turun karena kebijakan DP 30% yangdisinyalir  banyak memberatkan segmen motor enty level, cmiiw.

mid-sport_market

Itu belom selesai . . . dari sekitar 14,2 % pangsa pasar yang dikuasai motor sport , berapa persen yang dikuasai sub segmen Mid sport yang isinya motor motor laki 150-an cc? mencengangkan 83,7 % bro . . . daaaannn mayoritas isinya Yamaha Vixion . . . apa nggak bikin tetangga geraaaahh tuuu . .. pastilah, itulah mungkin Honda nggak mau nanggung milih mesin, mereka membuat mesin yang identik dengan  CBR 150R untuk di benamkan di frame Trellis nya CB150R streetFire . . . so kita lihat deh 3 bulan sampai setahun kedepan (2013) apakah Konstelasi sport terutama mid sport akan berubah signifikan?  . . . silahkan share komentar dan analisa analisa tajam mas bro semua, semoga berguna

Taufik of buitenZorg


Filed under: Marketing, Tentang Motor Tagged: aisi, Indonesia, Mid sport

0 comments:

Post a Comment

load

Blog Archive