Saturday, January 12, 2013

First Ride Impression 2013 Yamaha Xeon RC

First Ride Impression 2013 Yamaha Xeon RC

test_xeonRX#1

Bro Sekalian, Setalah Mengikuti Prosesi Perilisan Secara resmi di Mabes YIMM di bilangan PuloGadung, Awak Media dan Blogger semua lengsung berangkat ke arah BuitenZorg, Tepatnya Sirkuit Gokart Sentul, Jadwal Test Molor terhambat karena sebagian badan jalan Jagorawi KM14 melendung karena pembuatan underpass. Sampe Di Sirkuit Ujan bukannya berenti, malahan tambah gede . . . Ya udah siyap siyap wet Race dah  . . . Sebelum Race dimulai diberitahukan bahwa setiap test Rider dikasih Asuransi semua . . . bikin ati adem ngeliat jalanan basah.

test_xeonRX#5

Masuk Giliran TMCBlog Pake Jaket, Protector lutut dan tangan plus Jas Hujan Transparan, Tidak Lupa Nyiapin Sport Action Camera di Helm  . . . langsung naik ke atas Xeon RC Putih – Orens (Jingga)  . . . Impresi Pertama Naik INi Xeon adalah . . . sebenarnya secara Ergonomi nggak terlalu beda dengan Xeon Karbu lama akan tetapi skuter ini Terasa lebih Nukik Ke depan . ..  hmmm kenapa yah ? . ..  Bisa jadi karena perubahan sasis, atau perubahan Centre of Gravity, atau karena perubahan spek suspensi belakang lebih tinggi (secara Ground Clearance Xeon RC lebih tinggi dari Xeon Karbu)  dan perubahan wheel base yang lebih molor . .  ?? silahkan deh cobain, impresi riding lebih nukik bin sporty langung terasa.

test_xeonRX#3

Setelah dari Pit . ..  Bukannya masuk ke Sirkuit, akan tetapi belok sebentar keparkiran belakang dimana jalanan nggak rata plus dipasangin polisi tidur, tujuannya untuk merasakan impresi suspensi . .. suspensi terasa moderate, nggak terlalu empuk siiih. Masuk ke bagian berikutnya ada beberapa cone yang diletakkan sejajar . . . slalom dah kita  . . . lalu ada papan keseimbangan dua meteran untuk merasakan stabilitas riding Xeon RC ini . . . lulus dahh . . . Cekidot di Video ya . .

Masuk ke sirkuit gokart . . . udah kayak pembalap masuk grid possition pertama . . . dibelakang ada empat rekan rekan jurnalis  test rider  lengkap dengan werpak balap . . . bendera start dikibarkan  . . . posisi tmcblog langsung melorot menjadi paling buncit :( Rencana Lap pertama pengenalan sirkuit saat Hujan dulu . ..  wedewww, banyak genangan air, dan harus bersabar memanage kapan saat betot trotel dan kapan mengerem . . . kalo salah bertindak misalnya terlalu besar memberikan tekanan rem belakang minimal ban belakang geal geol karena lintasan  licin sangad . . . ini langsung bikin ciut nyali :mrgreen: . . . walaupu n dah ada asuransi tetep jiper, men

test_xeonRX#4

Lap Dua dan Tiga akhirnya diputuskan untuk bermain santai dan aman, Jangankan Knee slide, belok miring aja kudu diukur dulu, mangkanya sempet narsis poto sambil jari nunjukin Victory :P   . . . disinilah TMCBlog salut sama Chris Vermeulen sang Raja Wet Race :D   . . . skip skip skip  alhasil, nggak terlalu maksimal pengetesan ini, maksimal kecepatan yang didapat berada di sekitar 60-75 km/jam di straight. ini tentu belum bisa menggambarkan peningkatan Performa yang dijanjikan Xeon RC dibanding pendahulunya . ..  sebab bisik punya bisik, Power Xeon RC baru akan terasa galak diatas 60 km/jam  . . . lho kenapa? ya setelah 60 km/jam barulah efek klep kupu kupu YMJET FI berbicara . . . semua suply udara mengalir via main path . . .nggak ada yang melewati secondary air supply . . .

Akan tetapi secara umum dengan 3 lap Wet ride di Sentul Kecil ini dapat disimpulkan bahwa secara riding possition/ ergonomi yamaha tidak meninggalkan Mindset Ergonomi Xeon Karbu awal . . . perubahan hanya di feel nya yang sedikit lebih nukik. .  Seat heightnya terasa sedikit lebih tinggi, akan tetapi masih lebih napak bila dibandingkan dengan skutik kompetitor.  Saat berhenti, tmcblog cobain matiin mesin pake side stand . . . dan beneran euuy, ada kedipan di lampu kuning indikator dashboard . . . weh  . . . untuk pengetesan lebih joss tmcblog telah request unit test harian Ke yamaha, mudah mudahan bisa lebih dalam lagi . . . untuk sementara dikunyah kunyah dulu apa yang ada ya . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg


Filed under: Test Ride, yamaha Tagged: sentul, skutik, test ride, Xeon RC, yamaha

0 comments:

Post a Comment

load

Blog Archive