Monday, January 28, 2013

Honda CB150R StreetFire dan Regulasi Emisi Euro

Honda CB150R StreetFire dan Regulasi Emisi Euro

Bro sekalian, Secara gamblang Honda menasbihkan bahwa Motor yang digadang gadangkan sebagai penghadang Yamaha Vixion, yakni Honda CB150R streetFire sudah lulus Regulasi uji emisi Euro 2 . . . Ngomong ngomong Standasarisasi Euro 2 itu apaan sih? Standar emisi gas buang Euro-2 dikeluarkan Eropa tahun 1996 dan mengatur bahwa emisi CO dari kendaraan selama beroperasi di jalan maksimum 2,2 gram per kilometer. Standar emisi Euro 2 ini lebih rendah (lebih ketat) dibandingkan dengan Euro-1 yang 2,72 g per km.

Yang jadi masalah adalah . . . Pemerintah merencanakan pemberlakuan Standarisasi Emisi gas buang Euro 3  dimana standar kebersihan emisi kendaraan lebih diperketat lagi. kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder kurang dari 50 sentimeter kubik hanya boleh menghasilkan 0.8 gram/kilometer Hidrokarbon (HC); 0,15 gram/kilometer Nitrogen Oksida (NOx); dan dua gram/kilometer Karbonmonoksida (CO). Sementara kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder lebih dari 50 sentimeter kubik hanya boleh menghasilkan 0,3 gram/kilometer HC; 0,15 gram/kilometer NOx, dan dua gram/kilometerCO. Dan denger denger standarisasi ini akan diberlakukan mulai 1 agustus 2013 mendatang  . . . nahhh gimana nasib CB150R StreetFire?

CB150Rknalpot_1.jp2

Yang pastinya Pabrikan harus mengikuti Regulasi ini, kalo nggak yaaaa . . . siap siap nggak lulus Uji TPT daaa . . . apa aja yang bisa di rubah di CB150R . . . close Loop? anggak juga . ..  Honda tetap mbisa mempertahankan sisten OpenLoop dari CB150R untuk mempemudah konsumen mengoprek, dikarenakan karakter performance dari  CB150R ini. Solusinya? Bisa dicoba penggunaan Katalitik Converter di Muffler CB150R. Seperti Kita ketahui, CB150R tidak memiliki katalitik Converter di Mufflernya.

Masalah kedepan adalah, Jika uji emisi Euro 3 merupakan hal yang wajib untuk perpanjangan pajak kendaraan bisa jadi repot bagi para konsumen. Untuk ini gimana ya solusinya? apakah Pabrikan harus menyediakan paket muffler ber Katalitik-Konverter ? atau ada solusi lain? monggo di share mas bro pendapatnya . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg


Filed under: Honda Tagged: CB150R, euro 3, Honda, StreetFire

0 comments:

Post a Comment

load

Blog Archive