Tuesday, January 15, 2013

Idle RPM Honda CB150R dan bagaimana menyetelnya?

Idle RPM Honda CB150R dan bagaimana menyetelnya?

slice_cb150r

Bro Sekalian, kemaren sore Bro fadel Rizki seorang pengunjung blog mengirim surel ke tmcblog newsroom HQ yang pada dasaarnya bertanya tentang berapa standar idlle rpm motor motor honda dan bagaimana cara menyetel idlle rpm pada motor barunya yakni Honda CB150R . ..  nahhh gimana pembahasannya . ..  monggo

Selamat sore mas taufik. . . .alhamdulillah kemarin cb streetfire dah berhasil menghiasi garasi saya, ada sedikit pertanyaan perihal motor tersebut, . . .berapa rpm kah idle dari cb streetfire tersebut mas, kok menurut saya agak ketinggian deh, jarumnya ada di angka sekitar 1600 an, apakah emang spserti itu atau bagaimana mas, trus andai harus disetel, baut penyetelannya terletak disebelah mana ya mas? Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. . .

menjawab pertanyaan pertama yakni mengenai rpm idle dari CB150R . . . setahu tmcblog berada pada angka  1.400 (+-) 100 rpm . . .  sehingga nilai rpm idle yang tertera pada takometer CB150R nya bro fadel adalah angka yang sesuai lebih besar dari standar pabrikan so harus di kecilin lagi (maap 1600 rpm itu skutik/bebek )

IACV_cbr150r

:roll: Gambar 2 : IACV

Lha emang bisa diutak atik? mesin CB150R kan mirip sama Mesin CBR150R dimana Mesin CBR150R memiliki alat di trotel body yang dinamakan IACV (Idle Air Control Valve) , IACV  ini biasanya berupa Motor steper yang berfungsi membuat ECU/ ECM dapat mengatur mengatur masuknya udara ke ruang bakar independen terhadap besarnya bejekan trotel yang dilakukan rider.

iddle_screw

:roll: gambar 3 : Idle Air Screw

Nah DI CB150R IACV digantikan dengan sebuah sekrup (Idle Air Screw) yang bisa disetel masuk keluar menggunakan sebuah obeng minus. (lihat gambar 3) Sehingga boleh dibilang penyetelan rpm saat idle di cb150r dapat dilakukan secara manual. Nahhh mudah mudahan bisa menjawab pertanyaan bro Fadel Rizki . . . semoga juga bisa berguna buat mas bro yang lain . . .

Taufik of BuitenZorg


Filed under: Honda Tagged: CB150R, Honda, IACV, Idle Air Control Valve, Idle Air Screw

0 comments:

Post a Comment

load

Blog Archive