Friday, January 18, 2013

Produk Flagship yang Bukan Hanya sekedar MercuSuar

Produk Flagship yang Bukan Hanya sekedar MercuSuar

Bro sekalian, Menilik artikel hasil semedinya Mbah dukun Indobiker yang dirilis tengah malem Jumat di tengah hujan yang deras (sengaja ngelebai – lebai in biar dramatis)  yang mengatakan bahwa semua Kita kecele akan kehadiran Motor motor flagship Honda seperti CBR250R, CBR150R dan PCX series . . . kalo tmcblog pikir memang sepertinya dalam artian positif memang kehadiran produk produk flagship seperti itu bukan hanya ansih memiliki tujuan dagang tradisional jual – untung saja . . . dan Juga bukan hanya sekedar mercusuar.

Ketiga produk tersebut dikatakan mercusuar, itu benar sekali . . . kehadiran mereka paling tidak membuat Image Honda  dimata konsumen menjadi pabrikan yang mengerti kemauan konsumennya . . . Honda selain menyediakan varian yang terjangkau, juga menjangkau segmentasi konsumen yang menginginkan ekslusifitas . . . Honda mencoba merangkul semua segmentasi. Namun selain itu (mercusuar project) menurut mbah indobiker yang dicoba tmcblog ejawantahkan adalah ini seperti strategy pancingan . . .

Bro Bisa bayangkan . ..  Pertama tama Dirilis PCX 125 . . . lalu beberapa tahun kemudian lahirlah Vario 125 yang diadopsi dari varian Click 125 . ..  Honda boleh saja membantah bahwa Vario 125 memiliki banyak kesamaan dengan PCX 125 . . . akan tetapi buat para pengamat otomotif yang sudah melek, pasti akan curiga . . . Yup Mesin ESP Vario 125 memang disinyalir merupakan derivative dari mesin PCX 125. Kasar kata, dari bentuk intake udara yang masuk ke fan samping saja sudah ketauan kesamaan antara kedua mesin ini . ..  belum lagi kalo sedikit mblusukan ke kehadiran ACG starter atau yang lain . . . siapa bisa membantah

Terlebih lagi dengan rumor yang diperkuat data TPT bahwa AHM akan merlis Honda vario 125 Idling stop system . . . satu fitur yang diawal kita sangka satu satunya pembeda antara PCX 125 dan Vario 125 . . . membuat cap derivatif PCX 125 pada tubuh Vario 125 makin kental. Diawal Honda berusaha membangun PCX 125 sebagai produk premium, begitu di sanjung akan kenyamanan dan melimpahnya fitur . . . lalu honda membuat senjata rahasianya untuk lebih memikat hati konsumen . . . seakan berkata  . . .

Tuh  . . . semua kenyamanan dan fitur yang bisa elo semua dapatkan di PCX 125 dan bisa dibeli dengan harga yang lebih bisa dijangkau . .. 50% harga PCX 125 brooooo

Apa nggak edaaaann tuh . . . di PCX 125, ibaratnya Honda ngebakar duit . . . sebodo amat mau untung – atau mau rugi . .  orang impor ini, nothing to lose . ..  yang penting image  Internal baik. Sebodo amat mau dibilang Vario 125 sebagai down Grade-an dari PCX 125 . . . tapi kamu bisanya beli Vario 125 kaaaann ?  begitu kira kira kasar katanya . . . Harga PCX 125 gak bakal pernah diturunin karena kalo nurunin bandrol PCX 125 akan mem=nyebabkan Image ke-premiuman skutik ini merosot, loyalitas konsumen pun tergadaikan, tho walaupun mesin dicangkok habis habisan ke Vario 125, ada value PCX 125 yang nggak bisa didapat di Vario 125 . ..  eleganitas, prestise , you name it daah  . . . bagaimana kalo PCX 125 sampe jeblok market saharenya, Nothing to lose . . . wong itu bukan produk Guaaaa, itu Produk AP Honda Thai Brooooo qiqiqiqiqi :mrgreen:

Itu Kasus Satu . . . Bagaimana Studi kasus dua . . . Honda CBR 150R . . . Di thailand harganya dibawah 25 Juta . . . kenapa juga di Indonesia bisa 32 Juta? alesan pedagang . ..  Impor bro . . . lha kalo emang mau di hargai 20 jutaan buat ngegebuk Vixion kenapa juga nggak buat di Indonesia dan tekan harganya? ternyata Honda tidak segegabah itu . . . Mirip seperti kasus vario 125 . . . mereka coba perbaiki dulu image mereka di mid-sport dengan merilis dulu produk premium CBR150R . . . Konsumen melihat . . . ” wah honda sangat mengerti kemuan kita yaaa ? ” hebattt . . . patilan AHM berhasil disini

Next step apa . . . selagi Project K15 digodok . . . Honda Umbar dulu Megapro New . . . Buat ap?a . . . Biar segmen Mid-end mereka nggak gempor gempor amat dihajar Vixion dan Byson . . . Lalu setelah semuanya siap . . . eng ing eeenngg . . . .

CB150R he he he . . . dibuat sebagai derivatif dari CBR 150R . . . Bro silahkan cekidot ke jaringan jaringan sales AHM . . . apa bahasa / way of communication yang disampaikan oleh para sales Honda untuk mengenalkan CB 150R street Fire . . . kebanyakan merkea bilang  . . . Ini motor PAKE MESIN CBR150R . . . naaaahhh ketauan kan . ..  dan kembali CBR 150R tidak diturunkan harganya, karena ke ekslusifitasan CBR 150R tetap dijaga AHM . . . Konsumen CBR 150R tidak akan tergadaikan dan merasa ditipu . . . wong banyak kelebihan CBR 150R koq yang nggak bisa diperoleh di CB150R he he he

bloggers

So setelah CB150R rilis banyak yang bilang  . . . wuuuuuu itu Mah Motor down Grade dari CBR 150R . . .Honda melengos lagi sembari bilang sebodo amaaattt . . . kalo dibilang mah  . . . memang bener, tapi Honda berusaha men down Grade CBR 150R menjadi CB150R dengan tujuan agar segala kedigdayaan performa CBR 150R bisa dicicipi oleh segmentasi yang lebih luaaaasss dengan tanpa membayar segitu tinggi . ..  Honda memperoleh jalan tengah Konsumen Premium senang, Konsumen dibawahnya pun bisa mencicipi . . . dengan ini kembali Honda mencoba merayu hati Konsumen . ..  itu point utamanya

Bro sekalian, bro bisa banyangkan nggak? .. .  Honda tidak berbuat Instan untuk menggebuk MIO dan VIXION . . . ada Grand strategy yang dilakukan bertahap . . . Butuh kesabaran tinggi . . . . dan tentunya sumber daya yang Gila gilaan . . . . .Ini semua dilakukan dengan penuh konsentrasi . . . . . . dan bro boleh lirik CBR 250R sekarang dan kira kira bisa membayangkan apa yang bisa AHM perbuat untuk kembali merayu hati konsumen dengan Modal CBR 250R ini . .  he he he sekarang monggo dianalisa dan share dengan bijak . . . kita disini semua sharing ilmu bukan menjatuhkan satu sama lain . ..  mantab thoooo . . . maap Mbah dukun indobiker . . . sautannya kepanjangan . . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg


Filed under: Blogging activity, Honda, manajemen, Marketing Tagged: CB150R, cbr 150r, flagship product, Honda, idling stop system, PCX125, Vario 125

0 comments:

Post a Comment

load

Blog Archive