Monday, January 21, 2013

Satria Pembuat Galau Dynamic Duo

Satria Pembuat Galau Dynamic Duo

Bro sekalian, seperti yang pernah kita bahas sebelumnya Penjualan Suzuki Satria FU 150 memiliki Track record Penjualan yang fantastis untuk ukuran Motor diluar The dynamid Duo, Honda Dan Yamaha. Penjualannya berada di Kisaran Rerata 20 ribu Unit perbulan. TMCBlog pernah sedikit bincang bincang dengan internal Honda yang pernah berseloroh unofficial dengan serius bahwa disinyalir buat honda mah, penjualan 10 ribu unit perbulan sudah merupakan sebuah potensi yang sangat Prospektif. IMHO, Bohong banget kalo dibilang Honda dan Yamaha Nggak ngiler sama market yang telah direngkuh Suzuki Satria FU . . .


:roll: dari blog eyang edo

Kalo Boleh dibilang Kelahiran Suzuki Satria FU 150 ini mirip dengan proses derivatisasi Produk yang selama 3 tahun terakhir disinyalir terdeteksi dilakukan oleh Honda. Dulu Suzuki pernah mengimpor dari Malaysia motor Ganteng, kencang dan canggih pada zamannya  . . . Suzuki FXR 150 . . . the first mass product which have DOHC engine and Digital SPeedometer, begitu minimal mindset yang ada di benak tmcblog. Setelah Mindset Konsumen terhadap FXR positif, Suzuki dengan smart melakukan Satria project yang kalo diliat dari mesinnya . . . Mirip abis dengan mesin FXR 150

Satria Project-pun tidak diawali langsung dengan Produksi di Suzuki Indonesia . . . Saat itu Suzuki masih meraba raba market bebek ayam jago ini untuk pasar Indonesia, Mereka Impor dari Thailand di tahap awalnya . . .setelah terlihat animo positif baru deh geber dengan mass production yang masif di dukung oleh possitioning harga yang menggiurkan. Menjadikan Konsumen bisa merasakan aura performance FXR dalam sebuah Motor cub yang notabenenya lebih friendly user dan dengan harga yang lebih bisa dijangkau . . . mirip kan sama strategy vario 125 dan SF ?

So tinggal sekarang kita menganalisa apa yang bisa dilakukan oleh Yamaha dan Honda terhadap Suzuki Satria FU ini . . . Honda mencoba dengan CS1 dan Yamaha mencoba dengan Jupiter MX  yang keduanya hadir dengan diferensiasi Kubikasi (125 cc dan 135 cc)  dan jenis mesin (liquid cooled SOHC) , berharap ada celah yang bisa disusupi dnegan modal possitioning harga misalnya . . . terlepas dari segi positif dan negatif kedua produk ini, keduanya belom bisa menggoyang pasar Satria FU .  . Image Suzuki Satria FU begitu kuat.

Segmentasi  Suzuki Satria FU ada penggemar Motor Bebek Hi-end . . . Biasanya di segmentasi teratas piramid agak nggak sensitif sama Yang namanya harga, mereka melihat lebih jauh ke dalam yakni value ( harga : Kualitas ) . Motor bebek dengan Mesin FXR adalah value yang sulit digoyang. so Kalo masih beda beda 1-3 juta mereka (Konsumen hi-end performance cub)  prefer ambil yang paling joss performanya

Honda Dan Yamaha harus bisa menumbangkan mindSet ini dengan adu value juga . . . ada celah yang bisa di masuki . . . Mesin FU itu masih Air Cooled ( oil cooled)  . . . kalau bisa Honda dan yamaha membuat Motor bebek dengan Mesin Liquid Cooled DOHC dan dengan Harga yang dipanteng mirip dengan FU, baru deh mungkin konsumen akan befikir dua kali, plus jangan tanggung tanggung, sematkan juga fitur lain  . . . entah misalnya full digital speedometer

CB150R_combution_valve2

Paling Mudah berfikir adalah . . . Honda membuat Motor Bebek Sport dengan Mesin CB150R (CBR 150R)  . . . nahhhhhh . . . akan tetapi tanpa penghitungan mendalam tentang possitioning, disinyalir dapat berbenturan atau dalam kata lain akan berpotensi terjadi ‘konflik kepentingan’ dengan CB150R sendiri, walaupun memang antara motor bebek dan motr sport ada diferensiasi fungsional yang membuat mereka punya segmentasi masing masing.

Yamaha Pun bisa melakukannya dnegan menyematkan secara utuh mesin Vixion 150 cc ke bebek ini . . . akan tetapi tentu ada bayangan inferioritas yang seakan terasa karena Jenis nya masih SOHC . . . Maaf bro, Bukannya mengesampingkan dan mengiferiorkan SOHC, namun bila di kasus Vixion mungkin nggak terasa karena Vixion adalah First Mover . . . lha disini tentu akan beda karena bila misalkan yamaha merilis Jupiter MX 150 ‘bermesin Vixion’ tentu tetap bukanlah first mover. Punya beban lebih berat . . . silahkan share komentar mas bro sekalian . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg


Filed under: Honda, Suzuki, yamaha Tagged: cs1, jupiter mx, staria FU 150, suzuki

0 comments:

Post a Comment

load

Blog Archive