Monday, February 4, 2013

Honda Verza 150 . . . Apa Bedanya sama Honda New Megapro?

Honda Verza 150 . . . Apa Bedanya sama Honda New Megapro?

verza_nmp

Bro sekalian, weeeh, bongkar bongkar edizi verza back to back lagii niih . . . .salah satu kunci kenapa Honda bisa menekan harga jual Verza series berada pada angka level yang rendah adalah strategy common part. Misalnya Gini aja . . . Silinder Blok dan Pistonnya sama pleq . . . Biaya Produksi per piston dari total 40 ribu unit tentu lebih murah dibandingkan Produksi per piston dari total 20 ribu unit perbulan. Segala sesuatu yang keliatan premium bisa jadi murah kalo dijadiin produksi massal . . . contoh umumnya adalah Mesin ACG Starter, Peralatan Injeksi, Mesin DOHC, dan masih banyak lagi . ..  yang tadinya mahal, kalo produksi  banyak bakalan jadi murah . . . oleh karena itu juga mesin skutik 115 cc yamaha dipakai di beberapa tipe dan mesin 110 cc honda dipakai juga di beberapa tipe . . . nahhh sekarang kita sedikit lagi membuka tabir Honda Verza 150  . . . Apa Bedanya sama Honda New Megapro? ada 46 point, tapi kita bahas beberapa saja yaaa . . .kebanyakan nanti malah bikin ngatuk :D

Verza_NMP#2_rangka

Verza_NMP#10_PedalRem Verza_NMP#9_SwingArm Verza_NMP#8_Rshock

Sasis

Terlihat pada gambar diatas diketahui bahwa walaupun sama sama menganut tipe diamond, akan tetapi beberapa detail sedikit berbeda, misalnya saja terlihat jarak antara kedua pipa sub frame pada verza sedikit lebih lebar dan ada tambahan pillinon boncenger (footstep) yang terpisah dari footstep rider. Terlihat juga Sasis NMP sedikit lebih nukik pada bagian subframe plus penempatan braket monoshok. Lho koq Sasis Verza pada down tubenya bisa nggak dicoak? hmmm bisa jadi karena  mulut manfold exhasus verza lebih nonjol keluar karena adanya tempat O2 sensor, imho

Verza_NMP#11_RemBlk

Verza_NMP#17_ban

Rem dan grip

Sudah jelas banget bahwa Seluruh varian Verza menggunakan rem drum alias tromol, sednagkan NMP pada versi CW nya menggunakan rem belakang cakram. Eh pada Verza disediakan pengait helm juga lho seperti pada PCX, dan CB  . . . jadi lebih rapih kalo ngegantung helm.

Verza_NMP#13_Muffler

Knalpot

Walaupun memiliki dimensi yang sepetinya sama persis, akan tetapi dari luar sekilas terlihat bahwa warna membuat perbedaan signifikan pada Knalpot Verza yang dilabur Hitam dof . . . akan tetapi jika kita belek dalamnya terlihat knalpot verza memiliki katalitik converter . . . hmmm secara logika harga Knalpot averza harusnya lebih mahal dari pada knalpot NMP . . . lho apa bisa Knalpot Verza di letakkan di NMP? hmm bisa nggak yah, soale kan mulut leher knalpotnya sedikit beda karena adanya O2 sensor ( manifod lebih keluar)

Verza_NMP#15_aki

Kabel Gas

Kabel gas Verza jelas beda dengan Kabel Gas NMP . . . Kabel gas verza menganut Push-pull throttle wire, ada dua kabel kawat gas kembar satu narik satu ndorong. Katanya sih mekanisme ini disinyalir membuat betotan lebih enteng hmmm

Verza_NMP#16_sproket

FInal Drive ratio

Sproket depan NMP dan verza menggunakan spek yang sama yakni 14 mata, akan tetapi sproket belakang Verza memiliki jumlah mata yang lebih sedikit yakni 41  mata, sedagkan NMP 42 mata . . . hmm disinyalir Verza lebih ngejar top speed dan irit, cmiiw

Verza_NMP#18_BAS

Alternator

Kumparan Alternator Verza yang sudah 3 phase sedikit berbeda dengan Kmparan alternator NMP yang masih 1 phase. Alternator adalah part kelistrikan berupa kumparan yang mengubah gerakan mekanik menjadi listrik. Ngubek ngubek buku kuliah dulu ternyata model 3 phase yang sudah ditemukan dari jalan Nicola tesla memiliki tingkat efesiensi yang lebih baik 150 % dibanding single phase

Verza_NMP#22_speedometer

Panel SPeedometer

Verza adalah budget sport Motorcycle, so pasti ada fitur yang dikurangi . . . jadi jika di NMP kita menemukan adanya Takometer buat menentukan dan melihat putaran mesin sehingga bisa menentukan kapan saat terbaik dan ter efesien mengganti gear. Maka  pada Verza keputusan ini dilakukan hanya menggunakan pendengaran dan perasaan karena Varza nggak memiliki takometer. dirasakan kitiran mesin sudah ngegerung maka udah ketinggian, ganti gear. Selain itu juga panel Meter verza nggak dilengkapi Jam digital.

Verza_NMP#23_switch

Panel Saklar setang

Walaupun sudah menganut standar pola penyusunan saklar setang terbarunya honda, Panel Saklar Setang verza banyak yang nggak ada  seperti saklar pilih lampu, saklar lampu dim dan choke . . . ini semua dikarenakan sudah AHO dan sudah injeksi . . . sedangkan engine kill switch sama sama nggak ada di NMP dan verza.

Verza_NMP#27_mesin

Verza_NMP#29_cy_head Verza_NMP#28_injektor Verza_NMP#26_sensors Verza_NMP#25_regulator Verza_NMP#24_regulator Verza_NMP#27_mesin

Mesin

jeroan mesin seperti ukuran piston, transmisi dan kompresi sama banget, perbedaannya adalah karena sudah injeksi Verza menggunakan beberpa sensor seperti pengukur suhu oli (EOT), O2 sensor, dan Trotel Possition. Dan karena Verza sudah menggunakan O2 sensor tidak dibutuhkan lagi SAS yang tadinya dibenamkan di nmp .. .  otomatis tutup kepala silindernya beda dikit

Verza_NMP#30_kem

Timing pengapian

Timing pengapian berbeda antara Verza dan NMP . . . menuut AHM hal ini dilakukan karena Verza lebih menekankan pada kehematan penggunaan bahan bakar . ..  lha gimana bisa .. . tmcblog sendiri belom analisa variabel derajat pengapiannya . . . atau bro sekalian ada yang mau analisa data diatas ? monggo dahh Untuk ilustrasi perbedaan lain, silahkan simak di Galleri di bawah yaaa . . . semoga berguna

taufik of BuitenZorg

verza_nmp Verza_NMP#31_CS Verza_NMP#30_kem Verza_NMP#29_cy_head Verza_NMP#28_injektor Verza_NMP#23_switch Verza_NMP#24_regulator Verza_NMP#25_regulator Verza_NMP#26_sensors Verza_NMP#27_mesin Verza_NMP#22_speedometer Verza_NMP#21_stoplamp Verza_NMP#20_headlamp Verza_NMP#19_kunciJok Verza_NMP#18_filter Verza_NMP#14_jok Verza_NMP#15_aki Verza_NMP#16_sproket Verza_NMP#17_ban Verza_NMP#18_BAS Verza_NMP#9_SwingArm Verza_NMP#10_PedalRem Verza_NMP#11_RemBlk Verza_NMP#12_Stand Verza_NMP#13_Muffler Verza_NMP#4_FFr Verza_NMP#5_RF Verza_NMP#6_FuelTank Verza_NMP#7_shroud Verza_NMP#8_Rshock Verza_NMP#3_endsteer Verza_NMP#2_steer Verza_NMP#2_rangka Verza_NMP#1
Filed under: Honda Tagged: Honda, New megapro, Verza 150

0 comments:

Post a Comment

load

Blog Archive