Thursday, February 21, 2013

Kawasaki dan Diferensiasi

Kawasaki dan Diferensiasi

Bro sekalian, masih ingatkah kita dulu sekitar 2008 ketika kawasaki ( KMI) mengambil langkah berani dengan mencoba memasukkan Varian Ninja 250R di Indonesia . . . walaupun tentu sudah diperhitungkan matang, akan tetapi tetap ada aroma gambling nya. Perhitungan matang karena Kawasaki nggak ujug ujug main di 250 cc dua silinder tanpa ada basic kekuatannya. Image Kawasaki sudah Kuat di Sport dengan Ninja 150 cc 2 tak nya. Pas Ninja 250R naik, booming . ..  Indonesia menjadi penyumbang penjualan terbesar Ninja 250R seduania . . .baru deh Mata KHI terbuka . . . Next Ninja 250 FI dan Z250 hadir duluan di indonesia sebagai tanda apresiasi KHI . . .

Saat itu Kawasaki nggak mau bertempur dalam lautan red ocean Sport 200-250 cc 1 silinder yang dihuni dua raksasa otomotif roda dua. Kawasaki Tahu banget bahwa sumber daya nya masih infferior . . . Kedua raksasa ini dalam melakukan aksi-reaksi strategy bagaikan membalikkan telapak tangan, sedangkan Kawasaki  Nggak bisa seperti itu . . . So Strategy yang harus diambil haruslah Out of The box dan sangat diferensiasif . . . orang nggak akan kira 250 cc duasilinder akan begitu sukses . . .  sport 200 cc ke atas nggak terlalu ambil banyak pengaruh dalam market share . . . so abaikan saja . . . kawasaki mengendus peluang ini . . .masuk dan sukses . . .

bagaimana kedepan? Segmen sport yang paling seksi adalah segmen mid-end/ Mid- sport 150 cc 1 silinder 4 tak. ..  Seksi sekaligus panas . ..  Yoi karena seksi maka banyak yang pengen main di dalamnya, sangat Logis . . . Apakah Kawasaki akan nyebur disana? Seperti yang tmcblog jelaskan di paragraf dua . .. penghuni segmen 150 cc ini sudah sangat sesak . ..  sesak juga akan persaingan . .  yang bersaing adalah dua raksasa yang sepertinya begitu mudah membalik telapak tangannya. Kawasaki yang sedikit lebih inferior akan nekad masuk? TMCblog rasa tidak se gegabah itu . . . kalo memang KMI mau masuk . . .pasti sudah mereka lakukan dari dulu dulu mas bro

Kawasaki akan mencoba hal yang lebih smart untuk bisa masuk ke Segmen Mid-sport 150 cc an . . . Mereka tidak akan menggunakan peluru atau senjata buatan mereka sendiri . ..  menurut pendapat pribadi tmcblog mereka akan menyiapkan sebuah varian dengan spek di atas spek varian dynamic duo Honda-Yamaha . . . hmmm mungkin ini dia strategi yang mereka siapkan dan ada hubungannya dnegan Kode TPT BR200A . . . who knows

Selain itu Menurut tmcblog kawasaki akan mencoba jauuuh lebih dalam ke arah pengembangan strategy diferensiasi seperti yang telah secara sukses mereka lakukan di Ninja 250 series dengan DNA tetap ke sport . ..  Walaupun tetap bisa di lakukan, Bertempur di ranah Bebek (cub) dan Skutik buat kawasaki menurut tmcblog adalah blunder yang bisa jadi akan mereka bayar dengan harga yang tinggi. Mereka harus main di tataran berbeda . . . segmen Trial dan Vintage (Classic) mungkin bisa dicoba

Trial dan Vintage adalah segmen yang belum terfikirkan seara masif oleh sang dynamic duo . . . kawasaki bisa All Out main disini . ..  Untuk Segmen Trial Kawasaki masih bermain di Motor diatas 20 juta rupiah . . . Segmen trial harga belasan Juta belom mereka rengkuh dan dekati . . . Trial itu segmented, tapi trial dengan harga belasan juta disinyalir masih banyak yang menunggu. Lalu  Segmen Classic Sport pun bisa di coba . . . berbasis varian W800 mereka sebenarnya bisa saja nyasar ke W250 dengan basis mesin Ninja 250/ Z250 . . . belum lagi masuk ke W150 dengan basis mesin 150 cc air cooled nya KLX 150 . . . yah itu hanya sebagian contoh tentang apa yang bisa di rengkuh kawasaki . . . masuk ke kurusetra Red Ocean Sport 150 cc sih bisa saja . ..  cuma . . . .  there a price that you will have to pay then . . . ini hanya sebuah opini mas bro . . .monggo share opini mas bro semua mengenai ini . . .semoga berguna

taufik of BuitenZorg

BannerTVS2013#1


Filed under: Kawasaki Tagged: classic bike, diferensiasi, kawasaki, trial, vintage

0 comments:

Post a Comment

load

Blog Archive