Monday, February 18, 2013

Kupas Tuntas Perbedaan Honda Scoopy FI, Beat FI, dan Scoopy Karburator

Kupas Tuntas Perbedaan Honda Scoopy FI, Beat FI, dan Scoopy Karburator

1dimensi_

Bro Sekalian, Awal Pekan kemarin Via Istri saya . . . seorang Ibu, tetangga Kami berencana Membeli skutik baru dan menanyakan kepada tmcblog apa perbedaan antara Honda Scoopy FI dan beat FI serta perbandingannya dengan Scoopy Lama Yang masih Karburator. Saat itu tmcblog gak bisa menjawab banyak karena memang secara  fisik belum ketemu sama Ini Scoopy FI . . . Hanya penjelasan standar saja bahwa Scoopy FI itu sudah menggunakan mesin Injeksi dimana kedepan semua Motor akan beralih ke teknologi ini . . . lha Kebetulan sekarang tmcblog mendapat penjelasan lebih gamblang dan padat tentang komparasi ketiganya . . . Kita nggak bahas semua, kita bahas yang penting penting saja, untuk yang lainnya bisa bro cek di Galeri gambar . . . mudah mudahan bisa memberikan sedikit pencerahan  . . . cekidot deh . .

2Frame

Dimensi

Biar Bagaimanapun, setelah penampilan fisik yang bisa dinikmati oleh mata, maka impresi kedua adalah bagaimana Rasa Motor ini jika disemplak/ dinaiki/ dibawa riding. Nah untuk impesi ini dimensi lah yang pegang peranan. Dari Gambar penampang diatas . . . Boleh dibilang Scoopy FI ini di desain lebih lebar dibanding Scoopy Lama dan beat FI . ..  Framenya 5 mm lebih lebar dibanding Scoopy Karbu. Dimensi dari Bahan Framenya sama, tebal sub framenya masih 2,5 cm.

Jarak antara kedua Sumbu roda Scoopy FI jauh lebih panjang dibanding Scoopy Karburator (1,6 cm). Scoopy FI lebih  ‘membumi’ bila dibanding kan dengan Scoopy Karburator. Ground Clearancenya, walaupun lebih tinggi dari Beat FI lumayan lebih rendah dibanding Scoopy FI. Honda menurunkan Ground Clearence sebanyak 2 cm dari Scoopy Karbu. Lho Ngejedog polisi tidur nggak? Cek aja beat FI, ngejedog nggak? Soale Beat FI lebih rendah lagi . . . Kalo Beat FI aman, maka Scoopy FI ini pun amaaan . . . tujuannya apa niiih? Kayaknya Honda ngerti Scoopy Karbu Ketinggian . . . nah biar lebih user friendly bagi kebanyakan orang kita (nunjuk diri sendiri :mrgreen: ) . . . ground Clearance dan Seat Height nya diturunin,  . . . Biar nggak banyak yang beli Dinkliq kali yaah ;)

7bagasi

Bagasi

Lebih Lebarnya jarak antara dua spar Sub Frame plus pindahnya filter udara ke samping ( diatas Box CVT ) menyebabkan Honda Bisa mendesain Box Bagasi dibawah jok menjadi lebih Luas . . . dan terlihat bahwa Volume tanpa penutup pun bisa 14,26 Liter , ditambah penutup bisa jauh lebih banyak lagi volumenya

9basicengine

Mesin dan Pengapian

Seperti Yang kita telah bahas kemarin . . . secara Mesin sudah beda banget dengan Scoopy Karburator . . . Akan tetapi aperbedaan Mesin Scoopy FI dengan Beat FI ternyata sangaaattttdd sedikit mas bro . . . secara mesin sama Blassss ternyata . . . perbedaan nya nggak terlihat dengan mata . . . seperti misalnya timing pengapian. terlihat di timing advance dilakukan pada rpm yang 500 kitiran/menit lebih rendah dibanding Beat FI . . . yup nafas Beat FI sedikit lebih panjang dibanding Scoopy FI

iwb_tmcblog

PWR beda dikiiittt

Scoopy FI (96 kg) lebih berat 2 kg dibanding Scoopy Karburator (94kg) dan lebih berat 3 kg dari Beat FI. Aspek Performa biasnaya akan Berbanding lurus dengan aspek Power-weight Ratio dari Motornya . . . So jika dihitung dengan spek klaim pabrikan . ..  PWR Scoopy FI (0,0089 PS/kg) lebih tinggi sedikiiiiitttt dibanding Scoopy Karburator (0,088 PS/kg) . . . artinya alaupun bobot dinaikin sedikit Honda membayar dengan manaikkan sedikit power Mesin Injeksinya sehingga menurut tmcblog bakalan hampir nggak ada beda feel performanya antara Scoopy Karburator dan Scoopy Injeksi . . . jiaaahh cuma 0,001 ps/kg jeeekkk . . . siapa yang bisa membedakan cobaaa?

Scopy Karbu

Daya Maksimum     :     8,28 PS/8.000 rpm
Torsi Maksimum     :     0,85 kgf.m/5.500 rpm

Scoopy FI/ Beat FI

Daya Maksimum : 6.27 kW (8,52 PS) / 8.000 rpm
Torsi Maksimum : 8.68 N.m (0,89 kgf.m) / 6.500 rpm

5muffler

Udah Pake KatKon . . .Boleh Pake Premium?

Secara spek kubikasi mesin dan Kompresi sama banget dengan Scoopy Karbu yang 110 cc, kompresi 9,2:1 . . . Dari Kompresi yang cukup rendah ini, Scoopy FI menurut tmcblog, imho masih boleh pake Premium oktan 88. Pertanyaan lanjutan . . . Apakah boleh Pake Premium secara Scoopy FI sudah mengunakan Katalitik converter? Katalitik Converter itu biasanya bermasalah karena Bensinnya Masih menggunakan campuran timbal . . . so boleh aja pake premium asal Premiumnya tanpa timbal, imho, cmiiw.

23_aki

Kelistrikan

Honda Scoopy FI ini ternyata sama dengan Honda Beat FI dalam pendesainan Tempat baterai/ Aki yang berada di bawah dek . . . tentu banyak kekhawatiran akan kosletnya sistem kelistrikan karena tempat aki berada di tempat yang rendah dan riskan terkena air dikala kebanjiran . . . tmcblog sih belom pernah bawa motor Beat FI ataupun Scoopy FI berendem di banjiran dengan ketinggian sampai menuruti dek . . . akan tetapi Dulu Honda Pernah menjelaskan bahwa desian ini sudah diperhatikan keamanannya dan Diklaim aman terhadap banjir . . . nah kalo nanti dalam perjalanan penggunaan aki ini beneran koslet karena menerjang banjir seetinggi setengah ban gimana ? . .. klaim aja ke Honda Bro . . . pasti Honda bertanggung jawab, wong sudah dijamin ini

Dah segitu doang dah penjabaran perbedaan ketiganya, pengen tau lebih banyak lagi, silahkan cekidot gambar gambar perbedaan ketiganya seperti di bawah ini mas bro . . . semoga mencerahkan

Taufik of BuitenZorg

BannerTVS2013#1

22_stator 1dimensi_ 2Frame 3kunci 8seat 7bagasi 6fueltank 5muffler 4rearBrake 9basicengine 10silinderhead 11Kem 12shaft 13coverCrank 18Headlamp 17_wire 16DriveBelt 15DrivenPulley 14Roller 19Baterry 20_speedometer 21_fuelPump 21_rectifier
Filed under: Honda Tagged: Beat FI, Honda, scoopy fi

0 comments:

Post a Comment

load

Blog Archive