Bro sekalian, jujur Kawasaki ZX6R 636Â ini adalah Motor supersport 600-an cc 4 silinder segaris kedua yang tmcblog coba setelah CBR 600RR . . .Motor supersport lain yang pernah tmcblog cicipi adalah ducati 848 baik yang standar maupun yang evo series dengan konfigurasi 2 silinder L. Alam dari Motor ini adalah race track sungguhan seperti sirkuit sentul, so test ride kali ini tentu tidak akan menyentuh aspek performa dari supersport ini . . . naik keatas motor, susah euuy . . liat dashboadr, wuiih canggih di panel saklar handle ada tiga Pilihan Kontrol Traksi KTRC yang awalnya dikembangkan di ZX10R dan Hyperbike ZX-14R Mode 1 dan 2 untuk penggunaan sport sedangkan mode 3 untuk stabilitas pengendalian saat jalan licin . . . wehh
Ergonomi
Lihat aja gambar di atas , Ergonominya tentu Racy abiiis, Secara ini adalah Motor balap. Segitiga ergonomi yang meliputi Setang dibawah yoke-seat dan footpeg membuat gaya riding mau nggak mau yaaa harus nunduk seakan akan mau memeluk tangki bensin . . . kalo ntuk harian jelas lebih enak ergonomi ZX14R ataupun Ninja 250 . . . lha bayangin aja, setelah bisa ngediriin motor, tmcblog nggak bisa melipat/melepas side stand . . . bener bener parah nih buat ukuran tubuh kayak tmcblog
Handling
Handling Motor ni sebenarnya suberb untuk fungsionalitas nya yakni Race track . . . buat slalom? tmcblog nyerah dah . . . cuma bisa melewati tiap dua cone doang . . . tapi kalo buat nikung? hmmm walaupun sirkuitnya kecil, ada space buat menikungkan ZX6R agak sedikit ke arah rebah . . . mak nyooos bangeeett . . . cuma . . . kalo buat harian sih, apalagi di kota besar . .. jiaaahh maap deh, mending naik skutik broo . . tinggal gas dan rem doang (plus atittude tentunya)
Performa
Sebenarnya performa maksimal belom kebayang, tapi yang pastinya akselerasi 50 meternya terasa ngejambak bangeeet . . .ditambah respon spontan trotel gas dan powernya . . .Itu baru di straight 50 meter . . . hmmm kudu nyoba di sentul biar puasss . . . menurut Kawasaki , ZX6R 636 memiliki Mesin dengan spesifikasi Stroke yang lebih panjang dari ZX6R lama sehingga fokus utamanya adalah menambah torsi dari RPM Rendah ke menengah. Wah geberan awal bengis niiih. Pengereman? jangan ditanya . . . puakem poooll . . . tak terasa hampir 10 lap di sirkuit internal Kawasaki dan . . . widihhh peluh banyak bangeeet, tangan kiri dan kanan cangkeul pisan baru habis diajak kerja keras menopang bobot . . . . . . hmmm supersport bengis . . . okelah semoga berguna . . .next project . . . Versys ( kalo nggak ketinggian )
Taufik of BuitenZorg
Spesifikasi :
Engine : Four-stroke, liquid-cooled, DOHC, four valves per cylinder, inline-four
Displacement : 636 cc
Bore x Stroke : 67.0 x 45.1mm
Compression Ratio : 12.9:1
Fuel System : DFI® with four 38mm Keihin throttle bodies and oval sub-throttles
Ignition TCBI :with digital advance
Transmission : 6-Speed
Final Drive : 520 series X-ring chain
Rake/Trail 2:3.5 degrees / 4.0 in.
Frame type :Aluminum perimeter
Front Tire Size :120/70-ZR17
Rear Tire Size :180/55-ZR17
Wheelbase :54.9 in.
Front Suspension / wheel travel :41mm inverted Showa BP-SFF fork with top-out springs, stepless compression and rebound damping, adjustable spring preload / 4.7 in.
Rear Suspension / wheel travel :Bottom-link Uni-Trak® with gas-charged shock, top-out spring and pillow ball upper mount, stepless compression damping, 25-way adjustable rebound damping, fully adjustable spring preload / 5.3 in.
Front Brakes:Â Dual 310mm petal rotors with dual radial-mount, Nissin four-piston, monobloc calipers
Rear Brakes :Single 220mm petal rotor with single-piston caliper
Fuel Capacity : 4.5 gal.
Seat Height :32.7 in.
Curb Weight :423.4 lbs.
Overall Length : 82.1 in.
Overall Width :27.8 in.
Overall Height :43.9 in.
Filed under: Kawasaki, Test Ride Tagged: 636, kawasaki, race bike, test ride, ZX6R
0 comments:
Post a Comment