Saturday, March 23, 2013

Kupas New Vespa Mesin 3 Klep . . . Kenapa Lebih Baik ?

Kupas New Vespa Mesin 3 Klep . . . Kenapa Lebih Baik ?

22866

Bro sekalian, pekan pekan kemarin ( pekan ke 3 Maret 2013) Piaggio Indonesia baru saja merilis Varian Baru Mesin 3 Klepnya. Buat Piaggio Sendiri Teknologi 3 Klep untuk Varian Vespa ini sebenarnya sudah di introduksi sejak Juni 2012, hampir setaun yang lalu. Piaggio Indonesia Baru mengajukan TPT Impor dari Vietnam akhir November 2012 dan dengan berbagai macam pertimbangan dan strategy butuh waktu sekitar 4 bulan setelah TPT untuk Merilis Vespa 3 Klep ini . ..  so Kenapa Teknologi Vespa 3 Klep (valve) lebih baik dari Pendahulunya Vespa 2 Klep?

22809

Walaupun sekilas jika melihat bodynya sama banget dengan Vespa terdahulu (memang Piaggio tetap mempertahankan ke-everlasting-an bentuk Vespa yang bodynya dari Logam ) , Untuk Bro ketahui dulu bahwa dengan dirilisnya Vespa bermesin 3 klep disini adalam mesin yang boleh dikatakan Benar benar BARU . . . ALL NEW ENGINE !! catet :D Lho Koq Mesin Baru Broo . . . apa Beneeer ? Iyaaa Beneraaan Para Insinyur Piaggio di Pontedera plant benar benar merubah hampir semua Part dari Mesin 3 Klep ini bila dibandingkan dengan Mesin 2 Klep pendahulunya. Tujuannya adalah menambah performa sekaligus menambah efesiensi penggunaan BBM . . . edaaan Kenceng dan irit dua duanya di kejar broo.

vespa_3v_3_valvole_436

Lebih Irit

Di CrankShaft Mesin 3 Klep ( 2 klep intake- 1 klep out ) SOHC Vespa, sudut Pivot Kemnya dilakukan update sehingga Friksi/ gesekan pada mesin di kurangi lalu Penggunaan 2 Klep intake menambah pasokan udara dari trothel body ini berguna banget  untuk meningkatkan pasokan udara. Pasokan Udara ini yang di kombinasikan dengan bentuk penyemprotan bbm oleh Injector dan pemosisian busi yang baru untuk memercikan api  akan menghasilakan sistem pembakaran yang lebih sempurna . . . ini Kunci dari efesiensi BBM . ..  oleh karena itu Piaggio Pede banget mengklaim Vespa Barunya ini lebih irit  . . . 1 Liter bbm bisa menempuh 54-55 km/jam pada penggunaan jalan Konstan 50 km/jam . . .

vespa-3v-consumi

Keiritan Vespa 3 klep ini meningkat 30% dibanding mesin 2 klep sebelumnya mas bro . . . so Jika misalnya setahun motor 3 klep berjalan sekitar 5000 km secara total . . ., dengan pemakaian yang sama  . ..  Vespa 2 Klep cuma bisa berjalan 3.800 an km doang . . . beda 1.200-an km broo :D

vespa-3v-art-1

Lebih Kenceng

Vespa mendesain Dimensi Baru dari Pistonnya Mas bro . . . Misalnya saja untuk Varian Vespa LX 150 dan Vespa S 150 . . . Jika ukuran Piston (bore x stroke) pada vespa 2 klep adalah 62,8 X 48, 6 maka pada Vespa 3 klep ini ukuran dimensi piston adalah 58 X 56,6. Jika pada Vespa 2 klep, sifat mesinnya adalah Overbore/ Over Square dimana mesin memiliki stroke yang pendek maka piston akan bergerak turun-naik lebih cepat. Ini artinya mesin berrevolusi lebih cepat . . . Motor dengan mesin seperti ini biasanya akan  terasa sekali mudah dibetot untuk mendapatkan RPM yang tinggi.

09-new-vespa-engine-3v1

Sedangkan Pada mesin baru walau dimensi Pistonnya terlihat masih bersifat overbore, akan tetapi perbedaannya cuma 1,4 mm doang bro . . . perubahan dari dimensi 62,8 x 48,6 mm ke 58 x 56,6  . . . membuat karakter mesin dari Vespa 3 Valve ini berubah drastis broo !!!!  lebih bersifat ke arah  mesin under square  atau bahkan hampir aquare . . . Mesin 3 valve strokenya makin panjang, sehingga disinyalir  akan sangat terasa bahwa  Torsi  Vespa 3 Klep sangat terasa merata di RPM  rendah sampai menengah, ditambah lagi dengan improvement di Kopling sentrifugal  tipe kering . . . atau dengan kata lain diharapkan Akselerasi awal-menengah Vespa 3 Klep ini akan lebih josss .

vespa-3v-avviamento

Banyak Pula yang bilang starter Vespa 2 klep lumayan keras, njeeedoook/ Mbletak  banget . . . nah di Vespa 3 klep ini Para insinyur Vespa mendesain new free wheel electric starter  . . . so Diharapkan menstarter mesin Vespa 3 klep akan lebih ramah suaranya h ehe he :D . . . oke deh . ..  sekian dulu obrolan ringan di mingu pagi ini .. .  silahkan dikunyah kunyah . . . tmcblog mau muter muter buitenzorg dulu pake vespa 2 valve hahahaha . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

vespa-3v-raffreddamento vespa-3v-performance vespa-3v-consumi vespa-3v-avviamento vespa-3v-art-1 vespa_3v_3_valvole_436 vale_jorge 22866 22809 21-11269-vespa-lx-s-3v 13-new-vespa-engine-3v1 09-new-vespa-engine-3v1 06-new-vespa-engine-3v1
Filed under: Blogging activity, Piaggio Tagged: 3 klep, 3 valve, LX 150ie, piaggio, S 150 ie, vespa

0 comments:

Post a Comment

load

Blog Archive