Thursday, February 28, 2013

Yamaha sedang mempersiapkan sport 250 cc

Yamaha sedang mempersiapkan sport 250 cc

Bro sekalian, akhirnya keluar kalimat konfirmasi dari pak Dyonisius Beti selaku VP YIMM bahwa Yamaha Indonesia memang benar sedang mempersiapkan satu new product yakni Sport 250 cc. Mengenai spek dan tanggal resminya masih ditutup rapat … Hmmm mudah mudahan nggak jauh dari yang tmcblog share kemarin kemarin ya … Oke salam dari ruang Press Converence Yamaha Racing Team 2013

Taufik of BuitenZorg


Filed under: yamaha Tagged: sport 250 cc, yamaha

Closer Look, Yamaha Jupiter Z1 Factory Race Ready Edition

Closer Look, Yamaha Jupiter Z1 Factory Race Ready Edition

Z1_Racing_26

Bro Sekalian, masih ingatkah bro akan buka bukaannya YIMM bahwa mereka sudah mempersiapkan YZ Power Tunner Juli 2012 Silam dimana alat ini merupakan Perangkat setting Performance untuk Jupiter Z1 yang memiliki 6 point monitoring yang bisa di perlihatkan yakni Putaran mesin (rpm), Intake air temperature, water temperatur  . . . ( nggak kepake soale Z1 masih air cooled) , tekanan atmosfer, dan engine running time. dan tentunya fungsi  mendiagnosa kode eror dari ecu. Dan Kemarin akhirnya Yamaha secara blak blakan menampilkan kepada blogger dan media bentuk nyata dari Oprekan fisik, engine yang didikung oleh YZ Power Tunner . . . Cekidot

Z1_Racing_23

Z1_Racing_17

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik dari Yamaha Jupiter Z1 Race Ready Edition ini sudah motor bebek balap banget, paling nyata dilihat dari hilangnya batok headlamp, hilangnya lampu sen, dan lampu rem. Tebeng depan dan bentuk Body belakang masih menggunakan plastik ABS pabrikan yang di modifikasi. Footstep menggunakan Footstep racing yang mirip dengan footstep R125/R15 dengan Bracket yang menurut Pak Supriyanto (manager Motor sport YIMM) dibuat khusus untuk Jupiter Z1, memiliki banyak titik sehingga rider dapat memilih konfigurasi ergonomi mana yang sesuai. Tuas pemindah gear pun dibuat adjustable.

satu poin penting lainnya adalah tidak ada perubahan sasis dari Z1 versi pasaran bebas . ..  ini sepertinya untuk membuktikan kekuatan sasis menahan gemputran getaran mesin berkompresi tinggi dari Z1 Factory Rac edition ini mas bro, imho, cmiiw

Z1_Racing_9

Z1_Racing_18

Suspensi

Seperti yang kita ketahui bersama ada agreement khusus antara Yamaha dan Kayaba di tingkat atasnya, sehingga baik sok depan maupun belakang dari Jupiter Z1 Race ready edition ini pun menggunakan produk kayaba. Menurut Pak Abidin, dengan hanya memilih setingan keempukan dan rebound sok yang pas, pembalap bisa memangkas lap time dengan signifikan, wiih

Z1_Racing_19

Pengereman

Nah menurut pak Supriyanto, untuk peranti ini paling tidak ada dua opsi yang Yamaha Pilih yakni Brand Brembo ataupin nissin . . . saat di cek untuk rem depan baik master rem maupun kaliper Z1 Race Ready edition ini menggunakan produk Brembo, sedangkan untuk rem belakang menggunakan master rem nissin yang dipadukan dengan kaliper brembo. Cakram nyapun tidak menggunakan lembaran OEM sepertinya sudah menggunakan part performance. Awalnya tmcblog curious pengenn tahu apakah Velg belakang yang dipakai bukan velg asli Z1 . . . sepertinya masih Velg Z1 asli yah, masih ada rongga tromolnya tuh . .

Z1_Racing_8

Engine

Menurut Pak Abidin ini motor sudah Full tunning . ..  yang tersisa di Engine hanyalah Crank Case :shock: Head silinder di ganti dengan sebuah headsilinder yang memiliki kisi kisi (air fin) untuk mempercepat peroses disipasi (pelepasan ) panas. Terlihat memang Jupiter Z1 Race Ready edition ini menitik beratkan masalah disipasi panas pada dapurpacu sebagai salah satu point visi yang dibidik. Yoilah , Performa daya kuda nambah, biasanya menggunakan bbm yang beroktan tinggi dan mesinnya pun berspek kompresi tinggi. Ini efek sampingnya mesin menjadi super duper panas . . . kalo masalah panas ini nggak di manage dengan baik bisa meleduk mesinnya, cmiiw

Z1_Racing_5

Tapi Yamaha Nggak asal ngubah bentuk tutup silinder jadi kisi kisi githu bro, ada  desain tambahan yakni membuat port pemantau suhu dari mesin yang ditest dari suhu oli mesin plus pembuatan jalur Oil Cooler. Sesnsor ini tidak hanya satu . . . dua bro . . . satu di kepala silinder dan satu lagi di output pompa Oli (cekidot gambar di bawah) . . .

Z1_Racing_10

Z1_Racing_7

Bicara Oil Cooler, Yamaha menempatkan Radiator pendingin Pelumas mesin ini dibalik tebeng depan dan hanya bertumpu pada lubang tengah yang sejatinya lubang klakson dan lubang lampu sen sebagai aliran udara yang bertugas mendinginkan pelumas (Oli). Oh ya Yamaha sendiri mengganti Piston dan silinder dari Z1 tergantung Regulasi kelas yang mau di ikuti tentunya. Menurut Pak Abidin , spesifikasi dan meterial Piston sangat disesuaikan dengan kerja keras yang akan dilakukan pert tersebut ketika digeber dalam RPM yang jauh lebih tinggi dari Z1 standar plus Kompresi yang juga sangat tinggi.

YRT_2013#7

Transmisi

Sistem Transmisi dari Jupiter Z1 Race ready edition ini juga terlihat cukup signifikan dan radikal berubah . ..  tuas kecil yang menghubungkan kabel kopling pindah ke kiri mas bro . . . tentu ada perubahan tutup crank case kiri dibandingkan dengan mesin standar. Belum diketahui jeroan transmisinya diubah atau nggek saoale nggak ada versi bongkarannya :)

YRT_2013#4

Pengembangan

Motor Jupiter Z1 Race Ready Edition yang ditampilkan kemarin ini bukan asal baru keluar workshop modifikasi performance ala KOMOROD mas bro. melainkan sudah merupakan hasil pengetesan YIMM dan 3 Team balapnya yakni Tunggal Jaya Motor (TJM-Jakarta) dimana ada rider Rey Ratukore-Fitriyansyah Kete, Tri Jaya Motor-bandung dimana ada rider sudharmono-Anggi Permana disana dan Tim Yonk jaya dengan duo rider Sigit PD dan Florianus Roy . . .

Z1_Racing_3

Ketiga tim ini juga yang Rencananya akan menggunakan Jupiter Z1 Race Ready Edition ini di gelaran Indoprix  .  . hmmm apakah kompetitif? menurut Klaim Yamaha Best Lap di Sirkuit Sentul kecil sudah menyamai best lap Nasional . ..  dem, ngeriiih juga nih . ..  siiip selain bebek, Kita berharap nanti juga diginiin ya sport Fairing 250 cc nya ;) . . . baru deh the real sport Race Bike, okelah silahkan dikunyah kunyah, semoga Berguna

 

Taufik of BuitenZorg

Z1_Racing_26 Z1_Racing_25 Z1_Racing_24 Z1_Racing_23 Z1_Racing_22 Z1_Racing_17 Z1_Racing_18 Z1_Racing_19 Z1_Racing_20 Z1_Racing_21 Z1_Racing_16 Z1_Racing_15 Z1_Racing_14 Z1_Racing_13 Z1_Racing_12 Z1_Racing_7 Z1_Racing_8 Z1_Racing_9 Z1_Racing_10 Z1_Racing_11 Z1_Racing_6 Z1_Racing_5 Z1_Racing_4 YRT_2013#10 YRT_2013#5 YRT_2013#6 YRT_2013#7 YRT_2013#8 YRT_2013#9
Filed under: yamaha Tagged: IndoPrix, JUPITER Z1, motoprix, yamaha

Closer Look, Yamaha Jupiter Z1 Factory Race Ready Edition

Closer Look, Yamaha Jupiter Z1 Factory Race Ready Edition

Z1_Racing_26

Bro Sekalian, masih ingatkah bro akan buka bukaannya YIMM bahwa mereka sudah mempersiapkan YZ Power Tunner Juli 2012 Silam dimana alat ini merupakan Perangkat setting Performance untuk Jupiter Z1 yang memiliki 6 point monitoring yang bisa di perlihatkan yakni Putaran mesin (rpm), Intake air temperature, water temperatur  . . . ( nggak kepake soale Z1 masih air cooled) , tekanan atmosfer, dan engine running time. dan tentunya fungsi  mendiagnosa kode eror dari ecu. Dan Kemarin akhirnya Yamaha secara blak blakan menampilkan kepada blogger dan media bentuk nyata dari Oprekan fisik, engine yang didikung oleh YZ Power Tunner . . . Cekidot

Z1_Racing_23

Z1_Racing_17

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik dari Yamaha Jupiter Z1 Race Ready Edition ini sudah motor bebek balap banget, paling nyata dilihat dari hilangnya batok headlamp, hilangnya lampu sen, dan lampu rem. Tebeng depan dan bentuk Body belakang masih menggunakan plastik ABS pabrikan yang di modifikasi. Footstep menggunakan Footstep racing yang mirip dengan footstep R125/R15 dengan Bracket yang menurut Pak Supriyanto (manager Motor sport YIMM) dibuat khusus untuk Jupiter Z1, memiliki banyak titik sehingga rider dapat memilih konfigurasi ergonomi mana yang sesuai. Tuas pemindah gear pun dibuat adjustable.

satu poin penting lainnya adalah tidak ada perubahan sasis dari Z1 versi pasaran bebas . ..  ini sepertinya untuk membuktikan kekuatan sasis menahan gemputran getaran mesin berkompresi tinggi dari Z1 Factory Rac edition ini mas bro, imho, cmiiw

Z1_Racing_9

Z1_Racing_18

Suspensi

Seperti yang kita ketahui bersama ada agreement khusus antara Yamaha dan Kayaba di tingkat atasnya, sehingga baik sok depan maupun belakang dari Jupiter Z1 Race ready edition ini pun menggunakan produk kayaba. Menurut Pak Abidin, dengan hanya memilih setingan keempukan dan rebound sok yang pas, pembalap bisa memangkas lap time dengan signifikan, wiih

Z1_Racing_19

Pengereman

Nah menurut pak Supriyanto, untuk peranti ini paling tidak ada dua opsi yang Yamaha Pilih yakni Brand Brembo ataupin nissin . . . saat di cek untuk rem depan baik master rem maupun kaliper Z1 Race Ready edition ini menggunakan produk Brembo, sedangkan untuk rem belakang menggunakan master rem nissin yang dipadukan dengan kaliper brembo. Cakram nyapun tidak menggunakan lembaran OEM sepertinya sudah menggunakan part performance. Awalnya tmcblog curious pengenn tahu apakah Velg belakang yang dipakai bukan velg asli Z1 . . . sepertinya masih Velg Z1 asli yah, masih ada rongga tromolnya tuh . .

Z1_Racing_8

Engine

Menurut Pak Abidin ini motor sudah Full tunning . ..  yang tersisa di Engine hanyalah Crank Case :shock: Head silinder di ganti dengan sebuah headsilinder yang memiliki kisi kisi (air fin) untuk mempercepat peroses disipasi (pelepasan ) panas. Terlihat memang Jupiter Z1 Race Ready edition ini menitik beratkan masalah disipasi panas pada dapurpacu sebagai salah satu point visi yang dibidik. Yoilah , Performa daya kuda nambah, biasanya menggunakan bbm yang beroktan tinggi dan mesinnya pun berspek kompresi tinggi. Ini efek sampingnya mesin menjadi super duper panas . . . kalo masalah panas ini nggak di manage dengan baik bisa meleduk mesinnya, cmiiw

Z1_Racing_5

Tapi Yamaha Nggak asal ngubah bentuk tutup silinder jadi kisi kisi githu bro, ada  desain tambahan yakni membuat port pemantau suhu dari mesin yang ditest dari suhu oli mesin plus pembuatan jalur Oil Cooler. Sesnsor ini tidak hanya satu . . . dua bro . . . satu di kepala silinder dan satu lagi di output pompa Oli (cekidot gambar di bawah) . . .

Z1_Racing_10

Z1_Racing_7

Bicara Oil Cooler, Yamaha menempatkan Radiator pendingin Pelumas mesin ini dibalik tebeng depan dan hanya bertumpu pada lubang tengah yang sejatinya lubang klakson dan lubang lampu sen sebagai aliran udara yang bertugas mendinginkan pelumas (Oli). Oh ya Yamaha sendiri mengganti Piston dan silinder dari Z1 tergantung Regulasi kelas yang mau di ikuti tentunya. Menurut Pak Abidin , spesifikasi dan meterial Piston sangat disesuaikan dengan kerja keras yang akan dilakukan pert tersebut ketika digeber dalam RPM yang jauh lebih tinggi dari Z1 standar plus Kompresi yang juga sangat tinggi.

YRT_2013#7

Transmisi

Sistem Transmisi dari Jupiter Z1 Race ready edition ini juga terlihat cukup signifikan dan radikal berubah . ..  tuas kecil yang menghubungkan kabel kopling pindah ke kiri mas bro . . . tentu ada perubahan tutup crank case kiri dibandingkan dengan mesin standar. Belum diketahui jeroan transmisinya diubah atau nggek saoale nggak ada versi bongkarannya :)

YRT_2013#4

Pengembangan

Motor Jupiter Z1 Race Ready Edition yang ditampilkan kemarin ini bukan asal baru keluar workshop modifikasi performance ala KOMOROD mas bro. melainkan sudah merupakan hasil pengetesan YIMM dan 3 Team balapnya yakni Tunggal Jaya Motor (TJM-Jakarta) dimana ada rider Rey Ratukore-Fitriyansyah Kete, Tri Jaya Motor-bandung dimana ada rider sudharmono-Anggi Permana disana dan Tim Yonk jaya dengan duo rider Sigit PD dan Florianus Roy . . .

Z1_Racing_3

Ketiga tim ini juga yang Rencananya akan menggunakan Jupiter Z1 Race Ready Edition ini di gelaran Indoprix  .  . hmmm apakah kompetitif? menurut Klaim Yamaha Best Lap di Sirkuit Sentul kecil sudah menyamai best lap Nasional . ..  dem, ngeriiih juga nih . ..  siiip selain bebek, Kita berharap nanti juga diginiin ya sport Fairing 250 cc nya ;) . . . baru deh the real sport Race Bike, okelah silahkan dikunyah kunyah, semoga Berguna

 

Taufik of BuitenZorg

Z1_Racing_26 Z1_Racing_25 Z1_Racing_24 Z1_Racing_23 Z1_Racing_22 Z1_Racing_17 Z1_Racing_18 Z1_Racing_19 Z1_Racing_20 Z1_Racing_21 Z1_Racing_16 Z1_Racing_15 Z1_Racing_14 Z1_Racing_13 Z1_Racing_12 Z1_Racing_7 Z1_Racing_8 Z1_Racing_9 Z1_Racing_10 Z1_Racing_11 Z1_Racing_6 Z1_Racing_5 Z1_Racing_4 YRT_2013#10 YRT_2013#5 YRT_2013#6 YRT_2013#7 YRT_2013#8 YRT_2013#9
Filed under: yamaha Tagged: IndoPrix, JUPITER Z1, motoprix, yamaha

Apa Yang harus di Perhatikan dari Next New Yamaha Sport 250 cc ?

Apa Yang harus di Perhatikan dari Next New Yamaha Sport 250 cc ?

Bro Sekalian,  Bicara Sport 250 cc saat ini banyak banget varian yang sudah wira wiri di Jagad market Roda dua Indonesia. Mulai dari Pioneer di era Modern Ninja 250R, CBR 250R, Megelli 250 series, Ninja 250FI , Z250, sampai Inazuma GW250 . . . akan tetapi benang merah dari Kesemua Motor  ini adalah . . . semua Motor Impor, yang diproduksi di Luar negri mas bro . . . nah disinilah letak Kemungkinan Kans Yamaha 250 cc sport menyeruak. Lho Kenapa?

Honda  di isukan sudah mulai mau memiliki planing memproduksi sendiri di Indonesia varian Sport 250 cc di tanah air . . . dan ada kemungkinan sebagai pengganti/ suksetor sang legendaris Honda Tiger 2000 . . . rumor santer yang berhembus adalah akan menggunakan mesin satu silinder 250 cc DOHC entah dari Mesin CBR 250R atau mesin CBX 250 . . . Yup Honda berfikir untuk Motor harian dan touring memang lebih pas menggunakan mesin satu silinder, tampolan torsinya lebih ngejambak, akselerasi awal untuk stop and go lebih nyooos di banding dua silinder. Sedangkan kemungkinan Next Gen of CBR250 dicangkoki mesin 2 silinder segaris juga cukup kuat auranya ;)

Sedangkan Yamaha? di 2014 Yamaha disinyalir akan memproduksi sendiri di Plant motor sport YIMM  sebuah Varian Sport 250 cc yang rumornya bermesin dua silinder DOHC (yang sketsa CAD low res nya akan tmcblog rilis setelah ini ) di Indonesia dan akan menjadi bagian dari 9 motor baru yang akan rilis di 2013-2014 ini.  Kenapa Harus Indonesia ? kenapa Nggak India ? . . . Yappp kita semua tahu sebenarnya R15 sendiri disinyalir sudah masuk List  untuk brojol di Sini . . . akan tetapi karena rendahnya kualitas hasil kerja Yamaha India, membuat Yamaha Indonesia yang memiliki basis Konsumen Yang Idealis disinyalir meng urungkan niatnya dan mungkin akan mengaudit lebih lanjut kemungkinan R15 hadir di Indonesia

Ninja 250R#56

Balik Lagi ke sport 250 cc Yamaha . . . Sport bermesin 2 silinder segaris DOHC yang diproduksi di Indonesia bisa jadi cuma Yamaha 250 cc ini . . . Honda belum terlihat akan mengambil langkah serupa (honda memang rapet banget) Soooo, ada keuntungan Lokasi regional disini yang bisa membuat Yamaha 250 cc nanti menjadi varian yang lebih value secara price dibanding kompetitor sport 250 cc dua silinder yang ada . . . kita harapkan saja yaaa . . . silahkan dikomentari dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg


Filed under: yamaha Tagged: 250 cc, yamaha

load

Blog Archive