Bro Sekalian, jam 16:00 wib tadi 6 kerudung yang menutupi 6 motor misterius telah tersingkap . . .Honda Global secara resmi merilis 6 motor terbarunya untuk pasar wordwide yakni CBR500R, CB500F, CB500X, Goldwing F6B, CB1100, dan CBR600RR . . .
CBR500R
Honda menyebutnya motor ini sebagai motor anyar di kelas menengah (middle weight) modelnya sama sekali baru baik dari segi mesin maupun bentukan body. Mesinnya confirm duasilinder 500 cc yang diklaim cukup torqy. Mesin yang torqy memang lebih diperuntukan untuk penggunaan keseharian.  hal ini diperkuat oleh setang yang terletak di atas yoke sehingga membuat ergonomi riding cukup friendly untuk pemakaian harian. suspensi depan masih teleskopik, namuan sispensi belakang monoshok link dengan 9 tingkat penyetelan. hal yang cukup menarik adalah ukuran bore piston dari CBR 500R ini sama dengan CBR600R . . . hmmm artinya apa ya . . . ?
CBR500R beserta CB500F, dan CB500X dibekali full LCD screen yang mencangkup digital speedometer dan tachometer termasuk juga jam, odometer, trip meter, reartime dan rerata pemakaian konsumsi bahan bakar dan indikator diagnosa mesin . kecuali tachometernya yang bargrap digital . . . fitur ini nyaris sama dengan ER6 series, imho . . .honda memberikan diferensiasi dengan takometer bargraph
CB500F
Awalnya disangka akan sama dengan CB150R . . .akan tetapi Honda lebih memilih nama CB500F . . . F disini artinya apa ya? Four stroke kali yah? kalau dilihat dari Samping memang sosok CB500F ini punya garis desain yang sama dengan CB150R yang baru dirilis AHM pekan kemarin . . . artinya apa? CB150R memang dibuat oleh AHM didasrkan sebuah basis identitas desain global honda, imho, cmiiw
CB500X
inilah versi adventure dari Honda 500 mesin twin . . . spek mesinnya sama persis dengan CBR500R . . . akan tetapi karena Honda worldwide nggak mencantumkan nilai power dan torsi . .. maka tmcblog nggak tau apakan ketiga saudara (CBR500R, CB500F, dan CB500X) memiliki setingan yang sama sehingga variabel power dan torsinya sama. Seharusnya sih (idealnya) antara versi Race dan versi Adventure beda . . . tapi entahlah kita tunggu pengumumannya. Satu yang membedakan CB500X ini adalah tangki bbm nya yang sedikit banyak . .. jika CBR500R 4,1 gallo, maka CB500X 4,7 Gallon . .. buat turing jadi lebih jarang mampir SPBU
Gold Wing F6B
Hondaâs new Gold Wing F6B menjadi sebuah motor baru dalam jagad keras jajaran motor touring.Motor baru ini memiliki diferensiasi denga motor touring lain berupa motor yang ringan sehingga pas banget buat rolling memutari kota, perjalanan pendek maupun panjang. Honda Gold Wing F6B measih menyiapkan banyak opsi penyimpanan barangseperti box samping (side box) yang terintegrasi selain tentunya benaman fitur kenyamanan dan luxury dengan mesin perkasa 1832 cc 6 silinder
CB1100
1140 cc 4 silinder segaris masih berpendingin angin sepoi sepoi . .. itulah dapur pacu CB1100 . . . Honda masih mempertahankan tampang klasik CBseries dan kalo dilihat gasris desain nya masih sama dengan CB100 gelatik ’74 milik tmcblog yang teronggok indah jadi pajangan di ruang tamu tmcblog newsroom mesin pendingin udara itu memang keliatannya jadul dan tuwir . . . akan tetapi guratan guratan air fin memiliki sisi estetika kecantikan tersendiri yang membuat nya everlasting dan nggak perlu ditutupi fairing, imho
CBR600R
Waktu pertama kali melihat tampak depannya . . . tmcblog cukup kaget . . . berubah drastis dari CBR600R terdahulu bro . . . bagian headlampnya lebih mengarah ke desain Honda DN1 tang tamping rada rada gepeng itu
Apa saja Update Honda CBR600R ini? ECU yang diperbarui setingannya, desain Ram Air sistem yang bisa menambah torsi dari CBR600R, penggunaan Big Piston pada suspensi garpu depan 41′ dari showa, Body baru, dan penggunaan sistem Electronic Combined Anti-Lock Braking System (C-ABS)yang diklaim honda pertama dalam sejarah genre supersport dunia.
Taufik of BuitenZorg
cekidot deh
spek:
CB500X/R/F
ENGINE
Engine Type    500cc liquid-cooled parallel-twin
Bore And Stroke    67mm x 66.8mm
Compression Ratio    10.7:1
Induction    PGM-FI with 34mm throttle bodies
Ignition    Computer-controlled digital transistorized with electronic advance
Valve Train    DOHC; four valves per cylinder
DRIVE TRAIN
Transmission    Six-speed
Final Drive    O-ring-sealed chain
CHASSIS / SUSPENSION / BRAKES
Front Suspension    41mm fork; 5.5 inches travel
Rear Suspension    Pro-Link single shock with nine-position spring preload adjustability; 4.7 inches travel
Front Brake    Twin-piston caliper with single 320mm wave disc
Rear Brake    Single caliper 240mm wave disc/
Front Tire    120/70-17 radial
Rear Tire    160/60-17 radial
DIMENSIONS
Rake    26.5 degrees
Trail    109mm (4.29 inches)
Wheelbase    55.9 inches
Seat Height    31.9 inches
Curb Weight    430 pounds. Includes all standard equipment, required fluids and full tank of fuel?ready to ride
Fuel Capacity    4.5 gallons including 0.7-gallon reserve
 CBR600RR
ENGINE
Engine Type    599cc liquid-cooled inline four-cylinder
Bore And Stroke    67mm x 42.5mm
Induction    Dual Stage Fuel Injection (DSFI) with 40mm throttle bodies, Denso 12-hole injectors
Ignition    Computer-controlled digital transistorized with 3-D mapping
Compression Ratio    12.2:1
Valve Train    DOHC; four valves per cylinder
DRIVE TRAIN
Transmission    Close-ratio six-speed
Final Drive    #525 O-ring chain
CHASSIS / SUSPENSION / BRAKES
Front Suspension    41mm inverted Big Piston Fork with spring preload, rebound and compression damping adjustability; TBD inches travel
Rear Suspension    Unit Pro-Link® HMAS⢠single shock with spring preload, rebound and compression damping adjustability; 5.1 inches travel
Front Brake    Dual radial-mounted four-piston calipers with 310mm discs
Rear Brake    Single 220mm disc
Front Tire    120/70ZR-17 radial
Rear Tire    180/55ZR-17 radial
DIMENSIONS
Rake    23.5 degrees (Caster Angle)
Trail    97.7mm (3.9 inches)
Wheelbase    53.9 inches
Seat Height    32.3 inches
Curb Weight    410 pounds (Includes all standard equipment, required fluids and a full tank of fuel-ready to ride)
Fuel Capacity    4.8 gallons, including 0.9-gallon reserve
Miles Per Gallon    TBD*
 CB1100
ENGINE
Engine Type    1140cc air- and oil-cooled inline four-cylinder
Bore And Stroke    73.5mm x 67.2mm
Induction    PGM-FI with automatic enrichment circuit, 32mm throttle bodies
Ignition    Digital transistorized with electronic advance
Compression Ratio    9.5:1
Valve Train    DOHC; four valves per cylinder
DRIVE TRAIN
Transmission    Five-speed
Final Drive    #530 O-ring-sealed chain
CHASSIS / SUSPENSION / BRAKES
Front Suspension    41mm fork with spring preload adjustability
Rear Suspension    Dual shocks with spring preload adjustability
Front Brake    Dual four-piston calipers with full-floating 296mm discs
Rear Brakes    Single-caliper 256mm disc
Front Tire    110/80-18
Rear Tire    140/70-18
DIMENSIONS
Rake    27.0 degrees (Caster Angle)
Trail    107mm (4.2 inches)
Wheelbase    58.7 inches
Seat Height    31.3 inches
Fuel Capacity    3.9 gallons, including 0.9-gallon reserve
OTHER
Model Id    CB1100
Emissions    Meets current EPA standards. California version meets current CARB standards and may differ slightly due to emissions equipment.
Available Colors    Candy Red
 Gold Wing F6B
ENGINE
Engine Type    1832cc liquid-cooled horizontally opposed six-cylinder
Bore And Stroke    74.0mm x 71.0mm
Induction    PGM-FI
Ignition    Computer-controlled digital with 3-D mapping
Compression Ratio    9.8:1
Valve Train    SOHC; two valves per cylinder
DRIVE TRAIN
Transmission    Five-speed including Overdrive
Final Drive    Shaft
CHASSIS / SUSPENSION / BRAKES
Front Suspension    45mm cartridge fork with anti-dive system; 4.8 inches travel
Rear Suspension    Pro Arm single-side swingarm with Pro-Link single shock with remote-controlled spring preload adjustment
Front Brakes    Dual full-floating 296mm discs with CBS three-piston calipers
Rear Brake    Single ventilated 316mm disc with CBS three-piston caliper
Front Tire    130/70R-18
Rear Tire    180/60R-16
DIMENSIONS
Rake    29.15 degrees
Trail    109mm (4.3 inches)
Wheelbase    66.5 inches
Seat Height    29.1 inches
Curb Weight    842 pounds
Fuel Capacity    6.7 gallons
Miles Per Gallon    TBD – Miles per gallon values are calculated estimates of fuel consumed during laboratory exhaust emissions tests specified by the EPA, not during on road riding. Use for comparison purposes only. Your actual mileage will vary depending on how you ride and maintain your vehicle, weather, road conditions, tire pressure, cargo and accessories, rider and passenger weight, and other factors.
Filed under: Honda Tagged: CB1100, CB500F, CB500X, CBR500R, CBR600RR, goldwing, Honda
0 comments:
Post a Comment