Bro Sekalian, masih ingatkah bro akan buka bukaannya YIMM bahwa mereka sudah mempersiapkan YZ Power Tunner Juli 2012 Silam dimana alat ini merupakan Perangkat setting Performance untuk Jupiter Z1 yang memiliki 6 point monitoring yang bisa di perlihatkan yakni Putaran mesin (rpm), Intake air temperature, water temperatur . . . ( nggak kepake soale Z1 masih air cooled) , tekanan atmosfer, dan engine running time. dan tentunya fungsi mendiagnosa kode eror dari ecu. Dan Kemarin akhirnya Yamaha secara blak blakan menampilkan kepada blogger dan media bentuk nyata dari Oprekan fisik, engine yang didikung oleh YZ Power Tunner . . . Cekidot
Bentuk Fisik
Bentuk Fisik dari Yamaha Jupiter Z1 Race Ready Edition ini sudah motor bebek balap banget, paling nyata dilihat dari hilangnya batok headlamp, hilangnya lampu sen, dan lampu rem. Tebeng depan dan bentuk Body belakang masih menggunakan plastik ABS pabrikan yang di modifikasi. Footstep menggunakan Footstep racing yang mirip dengan footstep R125/R15 dengan Bracket yang menurut Pak Supriyanto (manager Motor sport YIMM) dibuat khusus untuk Jupiter Z1, memiliki banyak titik sehingga rider dapat memilih konfigurasi ergonomi mana yang sesuai. Tuas pemindah gear pun dibuat adjustable.
satu poin penting lainnya adalah tidak ada perubahan sasis dari Z1 versi pasaran bebas . .. ini sepertinya untuk membuktikan kekuatan sasis menahan gemputran getaran mesin berkompresi tinggi dari Z1 Factory Rac edition ini mas bro, imho, cmiiw
Suspensi
Seperti yang kita ketahui bersama ada agreement khusus antara Yamaha dan Kayaba di tingkat atasnya, sehingga baik sok depan maupun belakang dari Jupiter Z1 Race ready edition ini pun menggunakan produk kayaba. Menurut Pak Abidin, dengan hanya memilih setingan keempukan dan rebound sok yang pas, pembalap bisa memangkas lap time dengan signifikan, wiih
Pengereman
Nah menurut pak Supriyanto, untuk peranti ini paling tidak ada dua opsi yang Yamaha Pilih yakni Brand Brembo ataupin nissin . . . saat di cek untuk rem depan baik master rem maupun kaliper Z1 Race Ready edition ini menggunakan produk Brembo, sedangkan untuk rem belakang menggunakan master rem nissin yang dipadukan dengan kaliper brembo. Cakram nyapun tidak menggunakan lembaran OEM sepertinya sudah menggunakan part performance. Awalnya tmcblog curious pengenn tahu apakah Velg belakang yang dipakai bukan velg asli Z1 . . . sepertinya masih Velg Z1 asli yah, masih ada rongga tromolnya tuh . .
Engine
Menurut Pak Abidin ini motor sudah Full tunning . .. yang tersisa di Engine hanyalah Crank Case Head silinder di ganti dengan sebuah headsilinder yang memiliki kisi kisi (air fin) untuk mempercepat peroses disipasi (pelepasan ) panas. Terlihat memang Jupiter Z1 Race Ready edition ini menitik beratkan masalah disipasi panas pada dapurpacu sebagai salah satu point visi yang dibidik. Yoilah , Performa daya kuda nambah, biasanya menggunakan bbm yang beroktan tinggi dan mesinnya pun berspek kompresi tinggi. Ini efek sampingnya mesin menjadi super duper panas . . . kalo masalah panas ini nggak di manage dengan baik bisa meleduk mesinnya, cmiiw
Tapi Yamaha Nggak asal ngubah bentuk tutup silinder jadi kisi kisi githu bro, ada desain tambahan yakni membuat port pemantau suhu dari mesin yang ditest dari suhu oli mesin plus pembuatan jalur Oil Cooler. Sesnsor ini tidak hanya satu . . . dua bro . . . satu di kepala silinder dan satu lagi di output pompa Oli (cekidot gambar di bawah) . . .
Bicara Oil Cooler, Yamaha menempatkan Radiator pendingin Pelumas mesin ini dibalik tebeng depan dan hanya bertumpu pada lubang tengah yang sejatinya lubang klakson dan lubang lampu sen sebagai aliran udara yang bertugas mendinginkan pelumas (Oli). Oh ya Yamaha sendiri mengganti Piston dan silinder dari Z1 tergantung Regulasi kelas yang mau di ikuti tentunya. Menurut Pak Abidin , spesifikasi dan meterial Piston sangat disesuaikan dengan kerja keras yang akan dilakukan pert tersebut ketika digeber dalam RPM yang jauh lebih tinggi dari Z1 standar plus Kompresi yang juga sangat tinggi.
Transmisi
Sistem Transmisi dari Jupiter Z1 Race ready edition ini juga terlihat cukup signifikan dan radikal berubah . .. tuas kecil yang menghubungkan kabel kopling pindah ke kiri mas bro . . . tentu ada perubahan tutup crank case kiri dibandingkan dengan mesin standar. Belum diketahui jeroan transmisinya diubah atau nggek saoale nggak ada versi bongkarannya
Pengembangan
Motor Jupiter Z1 Race Ready Edition yang ditampilkan kemarin ini bukan asal baru keluar workshop modifikasi performance ala KOMOROD mas bro. melainkan sudah merupakan hasil pengetesan YIMM dan 3 Team balapnya yakni Tunggal Jaya Motor (TJM-Jakarta) dimana ada rider Rey Ratukore-Fitriyansyah Kete, Tri Jaya Motor-bandung dimana ada rider sudharmono-Anggi Permana disana dan Tim Yonk jaya dengan duo rider Sigit PD dan Florianus Roy . . .
Ketiga tim ini juga yang Rencananya akan menggunakan Jupiter Z1 Race Ready Edition ini di gelaran Indoprix . . hmmm apakah kompetitif? menurut Klaim Yamaha Best Lap di Sirkuit Sentul kecil sudah menyamai best lap Nasional . .. dem, ngeriiih juga nih . .. siiip selain bebek, Kita berharap nanti juga diginiin ya sport Fairing 250 cc nya . . . baru deh the real sport Race Bike, okelah silahkan dikunyah kunyah, semoga Berguna
Taufik of BuitenZorg
Filed under: yamaha Tagged: IndoPrix, JUPITER Z1, motoprix, yamaha
0 comments:
Post a Comment